Text
SKRIPSI PROSES MANAJEMEN EVENT CREATIVE WORKSHOP RAGAMBAYA
ABSTRAK
Kewirausahaan di Indonesia tergolong cukup rendah jika dibandingkan negara Asean lainya. Untuk mengatasi permasalahan diatas, diperlukan campur tangan dari pihak-pihak yang mampu memfasilitasi SDM di Indonesia seperti Universitas Tidar yang memiliki visi Menjadi Universitas Unggul dalam Bidang Kewirausahaan Berbasis Sumberdaya dan Kearifan Lokal. Creative Workshop merupakan usaha dalam bidang kegiatan pelatihan mengenai pembuatan kerajinan tangan sebagai wujud implementasi visi Universitas. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan konsep healing time yang memadukan proses prlatihan dengan hiburan menarik. Kegiatan ini memiliki tujuan sebgai wadah pengembangan keterampilan penduduk usia produktif yang dipadukan juga sebagai sarana hiburan bagi peserta kegiatan ini. Creative Workshop ini dilaksanakan di tiga kota berbeda yaitu Jakarta, Bogor, dan Magelang. Dengan menggunakan teori manajemen event, acara ini dapat berjalan dengan baik dan professional. Hal ini ditunjukan dengan adanya berbagai tahapan dalam proses penyelenggaraan event dengan melalui tahapan seperti research, design, planning, coordination, dan evaluation. Acara yang pertama kali dilaksanakan pada bulan februari 2023 ini, sampai dengan bulan Agustus 2023 sudah berhasil menyelenggarakan Creative Workshop sebanyak 24 kali. Namun masih terdapat catatan yang perlu diperbaiki seperti metode promosi, dan pola koordinasi dengan peserta.
Kata kunci: Kewirausahaan, Manajemen Event, Creative Workshop, Ragambaya.
144-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI MUB P 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain