PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN

HERMAWAN RISTU RAMADHAN - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus. Penelitian ini berlokasi di SMA N 1 Muntilan, dimana dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode teacher center. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pretest and post-test control group design dalam proses pengambilan data. Penelitian ini menggunakan dua kelas uji, yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengujian hasil belajar kognitif dilakukan dengan mneggunakan 30 butir soal pilihan ganda, serta pengujian keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan 5 soal essay dan dinilai menggunakan rubrik penilaian berpikir kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yang dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai yaitu sebelum diterapkan Problem Based Learning 42.50 dan setelah diterapkan 73.00, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada kemampuan berpikir kritis siswa yang dilihat berdasar hasil rata-rata yang diperoleh setiap kelasnya yaitu 77.73 untuk kelas eksperimen dan 63.80 untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan guru untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning karena telah terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Teacher Center, Problem


Ketersediaan
84-UN57.U1-SPB-XI-2023BIOLOGI RAM P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI RAM P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIII;146HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik