Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus. Penelitian ini berlokasi di SMA N 1 Muntilan, dimana dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode teacher center. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pretest and post-test control group design dalam proses pengambilan data. Penelitian ini menggunakan dua kelas uji, yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengujian hasil belajar kognitif dilakukan dengan mneggunakan 30 butir soal pilihan ganda, serta pengujian keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan 5 soal essay dan dinilai menggunakan rubrik penilaian berpikir kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yang dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai yaitu sebelum diterapkan Problem Based Learning 42.50 dan setelah diterapkan 73.00, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada kemampuan berpikir kritis siswa yang dilihat berdasar hasil rata-rata yang diperoleh setiap kelasnya yaitu 77.73 untuk kelas eksperimen dan 63.80 untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan guru untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning karena telah terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Teacher Center, Problem
84-UN57.U1-SPB-XI-2023 | BIOLOGI RAM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain