Text
SKRIPSI PERAN SUTRADARA DALAM PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “TOLAK POLITIK UANG BAWASLU KOTA MAGELANG
ABSTRAK
(Arbie Ananto,2023) PERAN SUTRADARA DALAM PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “TOLAK POLITIK UANG” BAWASLU KOTA MAGELANG Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Kota Magelang masuk dalam urutan ke 16 dari 20 besar kota/kabupaten rawan politik uang berdasarkan pemetaan Bawaslu Republik Indonesia A danya kasus serta isu wilayah rawan politik uang di Kota Magelang, maka dibutuhkan perhatian dan uapaya pencegahan. Salah satu caranaya adalah dengan memberikan edukasi kepada seluruh pihak melalui ik lan layanan masyarakat (ILM) “Tolak Politik Sasaran utama dari ILM ini ditujukan kepada para pemilih pemula dengan rentang usia 17 21 tahun yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa. Tema yang digunakan dalam membangun cerita ILM ini adalah peri ngatan hari kasih sayang Pendekatan yang digunakan dalam ILM ini merupakan pendekatan hard selling agar pesan yang ingin disampaikan dapat di pahami dengan mudah oleh audiens. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mendeskripsikan peran sutradara dalam proses produksi ILM. Pada laporan karya ILM ini, penulis mengkonsep karya dengan menggunakan teori retorika Aristoteles. Sebagai alat persuasi, pembicara yang ingin membujuk khalayaknya harus mempertimbangkan tiga bukti retoris yakni, Ethos, Pathos, dan L ogos. Untuk menciptakan iklan yang efektif dan kreatif diperlukan formula AIDCA Attention, Interest, Desire, Conviction, Action dalam perencanaan periklanan. Sutradara bertanggung jawab dalam segala aspek tahapan produksi mulai dari tahap pra produksi, p roduksi, hingga pasca produksi. Kegiatan yang dilakukan oleh sutradara dalam tahap pra produksi diantaranya menentukan tema dan ide cerita iklan, mengembangkan naskah iklan, membuat storyboard , menentukan talent , merinci peralatan yang akan digunakan dalam produksi, serta menyusun jadwal produksi. Kemudian pada tahap produksi sutradara berperan memimpin briefing dengan tim dan talent , monitoring pengambilan gambar, hingga membantu talent dalam mendalami peran dan karakter pada iklan. Selanjut nya pada tahap akhir pasca produksi sutradara berperan dalam memonitoring proses editing, mempresentasikan hasil karya kepada mitra, sampai dengan finalisasi karya sebelum dipublikasikan
Kata kunci: Sutradara, Iklan Layanan Masyarakat, Politik U an g , Bawa slu, Pesan Persuasif
164-UN57.U1-SIK-XI-2023 | KOMUNIKASI ANA P 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain