Text
SKRIPSI KAJIAN TINGKAT PELAYANAN TERMINAL TIPE A (Studi Kasus: Terminal Tidar Kota Magelang)
INTISARI
Terminal Tidar merupakan terminal tipe A yang ramai dilalui angkutan umum dari berbagai daerah. Namun berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2015 terdapat standar pelayanan yang belum memadai. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja pelayanan Terminal Tidar. Metode penelitian yang digunakan yaitu IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (Eksternal Factor Evaluation), SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), analisa volume angkutan umum, kecepatan angkutan umum, dan Standar Pelayanan Penyelenggara berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 40 Tahun 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan survei dan penyebaran kuisioner penelitian. Adapun variabel penelitiannya yaitu volume, waktu, kecepatan angkutan umum, kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang. Hasil analisa IFE (Internal Factor Evaluation) mampu memaksimalkan kekuatan untuk meminimalisir kelamahan dan EFE (Eksternal Factor Evaluation) mampu memanfaatkan peluang untuk meminimalisir ancaman; volume rata-rata kendaraan umum Terminal Tidar 40 kend/jam; kecepatan operasi bus AKAP yaitu 33,61 km/jam; bus AKDP yaitu 23,49 km/jam; ANGKOT yaitu 10,30 km/jam; dan AKDES yaitu 16 km/jam. Berdasarkan hasil Standar Pelayanan Minimum terdapat beberapa fasilitas yang belum memadai. Dari hasil analisa tingkat pelayanan dari segi volume angkutan belum cukup memadai untuk menjadi Terminal tipe A.
Kata kunci: IFE, EFE, SWOT, Tingkat, Pelayanan
88-UN57.U1-STS-X-2023 | SIPIL LES K 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain