Text
SKRIPSI PEMEROLEHAN KATA DAN KALIMAT PADA ANAK PENYANDANG DOWNSYNDROME: STUDI KASUS ANAK USIA 8 TAHUN
ABSTRAK
Farannisa, Syarifah.2023.“Pemerolehan Kata dan Kalimat pada Anak Penyandang Downsyndrome : Studi Kasus Anak Usia 8 Tahun”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I, Dr. Astuty, M.Pd., Pembimbing II, Herpindo, S.Pd., M.Hum.
Gangguan berbahasa yang akan dibahas dalam penelitian ini disebabkan oleh faktor medis yang akan berkaitan dengan fungsi otak dan alat wicaranya yaitu gangguan berbahasa pada anak penyandang down syndrome. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memperoleh deskripsi pemerolehan kata pada anak penyandang downsyndrome dan (2) memperoleh deskripsi pemerolehan kalimat pada anak penyandang downsyndrome. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak libat cakap dan simak bebas libat cakap dengan teknik lanjutan yaitu teknik rekam, teknik catat, dan teknik pancing. Metode analisis data pada penelitian adalah metode agih dengan teknik lanjutan bagi unsur langsung (BUL). Hasil penelitiannya adalah tuturan MH sebagian besar sudah terdengar jelas, hanya ada beberapa kata yang sulit diucapkan sedangkan tuturan UNA masih belum sempurna, masih banyak kata yang hanya diucapkan bagian akhirannya saja, dan mengalami penghilangan huruf, perubahan huruf, dan penambahan huruf. MH dapat mengucapkan pola kata yang lebih banyak dan lebih jelas pengucapannya, sedangkan UNA dapat mengucapkan pola kata namun kurang jelas pengucapannya. Adapun pemerolehan kalimatnya penuturan MH lebih banyak dibandingkan dengan UNA.
Kata Kunci:downsyndrome, pemerolehan kata, pemerolehan kalimat
93-UN57.U1-SIN-XI-2023 | INDONESIA FAR P 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain