Text
SKRIPSI PENGGUNAAN ABREVIASI DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/MTS KELAS IX TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2018
ABSTRAK
Aulia, Niswa. 2023. “Penggunaan Abreviasi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2018”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Liana Shinta Dewi, S.S., M.A.
Penelitian ini dilatarbelakangi munculnya fenomena abreviasi karena penggunaan bahasa yang semakin cepat, praktis, dan hemat. Penerapan abreviasi di bidang pendidikan dapat dilihat pada buku teks. Agar memenuhi fungsinya, abreviasi di buku teks harus dipaparkan sesuai dengan kaidahnya. Pembahasan abreviasi di buku teks ini mampu memberikan kontribusi berupa peningkatan kualitas bahan ajar dari segi penyajian isi.
Tujuan penelitian ini menemukan deskripsi jenis abreviasi serta deskripsi tipologi abreviasi dalam buku teks bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX terbitan Kemendikbud tahun 2018.
Metode dan teknik penyediaan data pada penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Pada penyediaan data, dilakukan pengumpulan data berupa pemilahan data kata, frasa, klausa, atau kalimat di sumber data yang mengandung abreviasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan metode agih dan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL).
Hasil penelitian menunjukkan terdapat 36 data kata, frasa, dan kalimat yang mengandung penggunaan abreviasi. Jenis abreviasi singkatan sebanyak 22 data, akronim sebanyak tujuh data, penggalan sebanyak lima data, kontraksi sebanyak enam data, dan lambang huruf sebanyak satu data. Kemudian, ketiga puluh enam data ini memecah menjadi 45 data pada pemaparan tipologi abreviasi. Tipologi arebviasi pemertahanan huruf pertama sebanyak 16 data, pemertahanan huruf pertama dengan penghilangan kata tugas sebanyak tiga data, pemertahanan huruf pertama dan pemenuhan kaidah fonotatik sebanyak lima data, pemertahanan suku kata pertama dan pemenuhan kaidah fonotatik sebanyak dua data, pemertahanan suku kata, penghilangan kata tugas, dan pemenuhan kaidah fonotatik sebanyak satu data, pemertahanan sebagian huruf, sebanyak 13 data, dan mempertahankan sebagian silaba sebanyak lima data.
Disimpulkan bahwa dari kelima jenis abreviasi yang dikemukakan Kridalaksana (2007) dan ketujuh kategori tipologi abreviasi Sudjalil (2018), keseluruhannya ditemukan pada penelitian sesuai dengan deskripsinya. Namun penelitian ini masih menemukan sejumlah kesalahan penulisan abreviasi terkait penggunaan tanda baca dan simbol serta huruf kapital dan nonkapital yang mengacu pada aturan penulisan di EYD V. Selain itu, juga terdapat sejumlah data abreviasi yang dimungkinkan menimbulkan kebingungan terkait makna aslinya karena berasal dari bahasa asing.
Kata Kunci: Abreviasi, buku teks bahasa Indonesia, jenis abreviasi, tipologi abreviasi.
95-UN57.U1-SIN-XI-2023 | INDONESIA AUL P 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain