Text
SKRIPSI BENTUK PRINSIP KERJA SAMA DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR SERTA IMPLIKASINYA SEBAGAI MATERI AJAR TEKS NEGOSIASI KELAS X
ABSTRAK
Inayah, Siti Nur. 2023. “Bentuk Prinsip Kerja Sama dalam Interaksi Jual Beli di Taman Wisata Candi Borobudur serta Implikasinya sebagai Materi Ajar Teks Negosiasi Kelas X”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M.Hum., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, M.Hum.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bentuk pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama dalam interaksi jual beli di Taman Wisata Candi Borobudur (TWC Borobudur). Pematuhan prinsip kerja sama sangat dibutuhkan dalam proses interaksi agar tujuan komunikasi tercapai dengan baik. Namun, pada praktiknya seringkali terjadi juga pelanggaran prinsip kerja sama dalam interaksi jual beli di (TWC Borobudur). Dari bentuk pematuhan dan pelanggaran tersebut dapat diimplikasikan sebagai materi ajar teks negosiasi kelas X karena dalam interaksi jual beli terdapat proses negosiasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama dalam interaksi jual beli di (TWC Borobudur). Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan bentuk pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama sebagai materi ajar teks negosiasi kelas X.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, rekam dan catat, dokumentasi, dan pengodean. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah bentuk pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama. Sumber data penelitian ini adalah interaksi antara penjual dan pembeli di (TWC Borobudur). Data dalam penelitian ini adalah tuturan lisan antara penjual dan pembeli yang mengandung bentuk pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama.
Bentuk pematuhan prinsip kerja sama dalam tuturan interaksi jual beli di (TWC Borobudur) terdiri dari keempat maksim yang seluruhnya berjumlah 28. Sejumlah data tersebut meliputi, enam maksim kuantitas, lima maksim kualitas, sepuluh maksim relevansi, dan tujuh maksim pelaksanaan. Bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dalam tuturan interaksi jual beli di (TWC Borobudur) terdiri dari keempat maksim yang seluruhnya berjumlah 25. Sejumlah data tersebut mencakup, enam maksim kuantitas, delapan maksim kualitas, enam maksim relevansi, dan lima maksim pelaksanaan. Penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai materi ajar teks negosiasi kelas X berdasarkan kurikulum merdeka.
Disarankan bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian mengenai tuturan interaksi jual beli di (TWC Borobudur) dapat dikaji pada kesantunan berbahasa, tindak tutur ilokusi, alih kode dan campur kode. Bagi pendidik, agar menjadikan referensi dalam penyusunan materi ajar teks negosiasi kelas X. Bagi peserta didik, agar menerapkan prinsip kerja sama ketika melakukan kegiatan negosiasi.
Kata Kunci: interaksi jual beli, prinsip kerja sama, dan teks negosiasi
97-UN57.U1-SIN-XI-2023 | INDONESIA INA B 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain