Text
SKRIPSI MATERI AJAR MENULIS ESAI BERKEARIFAN LOKAL BUDAYA BATAK DALAM FILM NGERI-NGERI SEDAP KARYA BENE DION RAJAGUKGUK
ABSTRAK
Hidayati, Fitria Anis. 2023. “Materi Ajar Menulis Esai Berkearifan Lokal Budaya Batak dalam Film Ngeri-Ngeri Sedap Karya Bene Dion Rajagukguk”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M. Hum., Pembimbing II Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh materi ajar berperan penting dalam proses pembelajaran, serta materi ajar dalam pendidikan perlu memuat nilai-nilai kearifan lokal. Kearifan lokal yang tergerus oleh globalisasi dan generasi muda yang melupakan budaya sendiri, serta menganggap kearifan lokal sebagai hal yang ketinggalan zaman. Sementara itu kearifan lokal penting untuk membentuk karakter generasi muda. Film yang bermuatan kearifan lokal dapat digunakan sebagai referensi dalam membuat materi ajar agar peserta didik dapat mengenal kearifan lokal yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan materi ajar berkearifan lokal budaya Batak yang terdapat dalam film Ngeri-Ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik penggumpulan data berupa teknik simak dan catat serta teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdapat pada kearifan lokal dalam budaya batak yang berwujud sistem ide, aktivitas, dan artefak. Sumber data dari penelitian ini adalah film Ngeri- Ngeri Sedap Karya Bene Dion Rajagukguk. Data berupa tuturan dan tindakan seluruh tokoh serta benda dan bangunan yang ditampilkan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Nilai kearifan lokal budaya Batak dalam film Ngeri-Ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk dapat dijadikan instrumen untuk mengembangkan materi ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, yakni pengajaran menulis esai di fase F/kelas XI SMA dengan kompetensi dasar menyusun esai yang berbasis kearifan lokal. Berdasarkan hasil analisis, disarankan untuk pendidik agar mempergunakan dan mengembangkan penelitian ini sebagai materi ajar. Bagi peserta didik diharapkan mampu mengaplikasi materi serta dapat mengetahui dan menanamkan cinta tanah air dengan terus mempelajari kearifan lokal yang ada di Indonesia. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam mengenai penelitian ini.
Kata Kunci: materi ajar, kearifan lokal, film
98-UN57.U1-SIN-XI-2023 | INDONESIA HID M 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain