Text
SKRIPSI KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI MELALUI APLIKASI MOBILE JKN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
Mobile JKN merupakan sebuah aplikasi berbasis digital yang digunakan untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan. BPJS Kesehatan Kabupaten Magelang juga telah menerapkan aplikasi Mobile JKN dalam pelaksanaan pelayanannya. Aplikasi ini telah mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat dengan jumlah unduhan mencapai sepuluh juta kali. Berdasarkan review aplikasi Mobile JKN di Play Store, adanya sejumlah pengguna yang merasa tidak puas menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki dalam pengembangan aplikasi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan administrasi melalui aplikasi Mobile JKN pada BPJS Kesehatan Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pemilihan informan yaitu snowball sampling dan accidental sampling serta pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada dimensi tangible, responsiveness, assurance, dan empathy dapat dikatakan sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan sarana dan prasarana yang sudah memadai, respon petugas pelayanan yang baik dan jelas, jaminan keamanan yang baik dan informasi yang lengkap, serta petugas pelayanan yang memberikan pelayanan dengan ramah dan tanpa diskrimasi. Sedangkan pada dimensi reliable masih terdapat kendala dalam penggunaan aplikasi Mobile JKN seperti adanya eror system sehingga aplikasi tidak dapat diakses. Berdasarkan hal tersebut, BPJS Kesehatan Kabupaten Magelang perlu untuk terus melakukan pembaruan atau perbaikan sistem guna meningkatkan kualitas aplikasi Mobile JKN.
Keywords: Kualitas Pelayanan, Mobile JKN, BPJS Kesehatan Kabupaten Magelang
4-UN57.U1-SSP-I-2024 | ADMINISTRASINEGARA ROS K 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain