Text
SKRIPSI KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN KESEHATAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PEKALONGAN
Kualitas Pelayanan Perizinan Kesehatan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekalongan
Oleh : DAHLIA
NPM : 1910201061
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan perizinan kesehatan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekalongan dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan perizinan kesehatan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekalongan. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perizinan kesehatan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekalongan belum berjalan dengan baik. Hal ini karena masih terdapat permasalahan yaitu kebersihan fasilitas fisik yang kurang terjaga, aplikasi yang masih lambat saat diakses, kendala dalam pendaftaran akun, petugas yang kurang disiplin, kesalahan penginputan data pemohon, adanya petugas dengan kompetensi Pendidikan tidak sesuai dengan aturan, dan keterlambatan penyelesaian pelayanan. Sedangkan yang menjadi Faktor pendukung kualitas pelayanan yaitu faktor kesadaran, faktor aturan, dan faktor organisasi. Faktor penghambat peningkatan kualitas pelayanan yaitu faktor pendapatan.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Perizinan Kesehatan
1-UN57.U1-SSP-I-2024 | ADMINISTRASINEGARA DAH K 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain