Text
SKRIPSI MENGATASI TANTANGAN PELAYANAN PUBLIK: ANALISIS INOVASI MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA MAGELANG
ABSTRAK
MENGATASI TANTANGAN PELAYANAN PUBLIK: ANALISIS INOVASI MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA MAGELANG
Afifah
Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Pemerintah mempunyai tanggung jawab dalam penyelenggaraan, penyediaan, dan pemberian pelayanan publik kepada masyarakat. Pelayanan publik di Indonesia masih mengalami permasalahan sehingga dari penyelenggara pemerintah melakukan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan melaksanakan inovasi. Begitupun yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kota Magelang sebagai penyelenggara pelayanan publik. Pemerintah Kota Magelang meluncurkan inovasi Mal Pelayanan Publik Kota Magelang dengan mengusung konsep baru dan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan administrasi baik perizinan maupun non-perizinan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk menganalisis inovasi Mal Pelayanan Publik Kota Magelang dan juga menganalisis kendala serta solusi yang diberikan untuk mengatasi hal tersebut dengan teori inovasi oleh Rogers dan didukung oleh Robbins serta adanya teori capacity building oleh Grindle sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas. Pada penelitian ini menunjukkan empat fokus bahasan yaitu gagasan baru, upaya perbaikan, atribut serta capacity building. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumen sebagai pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dari keempat fokus bahasan yaitu gagasan baru, upaya perbaikan, atribut, dan capacity building dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan inovasi Mal Pelayanan Publik Kota Magelang ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Gagasan baru dari pemerintah sehingga tercipta Mal Pelayanan Publik ini sudah sangat membantu. Upaya Perbaikan terus diupayakan untuk memperbaiki dan meningkatkan pemberian pelayanan yang ada di Mal Pelayanan Publik Kota Magelang. Atribut inovasi yang berisi keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan, serta kemudahan juga menunjukkan hasil yang baik. Namun, untuk kerumitan masih ditemukan beberapa kendala seperti permasalahan sistem, keterbatasan waktu pelayanan sehingga perlu untuk dilakukan perbaikan. Capacity Building atau pegembangan kapasitas juga terus dilakukan oleh DPMPTSP Kota Magelang sebagai koordinator Mal Pelayanan Publik Kota Magelang sehingga dapat membantu dalam meningkatkan pelayanan yang ada.
Kata Kunci: pelayanan publik, inovasi, mal pelayanan publik
129-UN57.U1-SSP-XII-2023 | ADMINISTRASINEGARA AFI M 2023 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain