PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI MENGATASI TANTANGAN PELAYANAN PUBLIK: ANALISIS INOVASI MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA MAGELANG

AFIFAH - Nama Orang;

ABSTRAK
MENGATASI TANTANGAN PELAYANAN PUBLIK: ANALISIS INOVASI MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA MAGELANG
Afifah
Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Pemerintah mempunyai tanggung jawab dalam penyelenggaraan, penyediaan, dan pemberian pelayanan publik kepada masyarakat. Pelayanan publik di Indonesia masih mengalami permasalahan sehingga dari penyelenggara pemerintah melakukan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan melaksanakan inovasi. Begitupun yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kota Magelang sebagai penyelenggara pelayanan publik. Pemerintah Kota Magelang meluncurkan inovasi Mal Pelayanan Publik Kota Magelang dengan mengusung konsep baru dan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan administrasi baik perizinan maupun non-perizinan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk menganalisis inovasi Mal Pelayanan Publik Kota Magelang dan juga menganalisis kendala serta solusi yang diberikan untuk mengatasi hal tersebut dengan teori inovasi oleh Rogers dan didukung oleh Robbins serta adanya teori capacity building oleh Grindle sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas. Pada penelitian ini menunjukkan empat fokus bahasan yaitu gagasan baru, upaya perbaikan, atribut serta capacity building. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumen sebagai pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dari keempat fokus bahasan yaitu gagasan baru, upaya perbaikan, atribut, dan capacity building dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan inovasi Mal Pelayanan Publik Kota Magelang ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Gagasan baru dari pemerintah sehingga tercipta Mal Pelayanan Publik ini sudah sangat membantu. Upaya Perbaikan terus diupayakan untuk memperbaiki dan meningkatkan pemberian pelayanan yang ada di Mal Pelayanan Publik Kota Magelang. Atribut inovasi yang berisi keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan, serta kemudahan juga menunjukkan hasil yang baik. Namun, untuk kerumitan masih ditemukan beberapa kendala seperti permasalahan sistem, keterbatasan waktu pelayanan sehingga perlu untuk dilakukan perbaikan. Capacity Building atau pegembangan kapasitas juga terus dilakukan oleh DPMPTSP Kota Magelang sebagai koordinator Mal Pelayanan Publik Kota Magelang sehingga dapat membantu dalam meningkatkan pelayanan yang ada.
Kata Kunci: pelayanan publik, inovasi, mal pelayanan publik


Ketersediaan
129-UN57.U1-SSP-XII-2023ADMINISTRASINEGARA AFI M 2023Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
ADMINISTRASINEGARA AFI M 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVI;95HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
350
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
PRODI_S1_ILMU_ADMINISTRASI_NEGARA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik