Text
SKRIPSI ANALISIS KINERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN MUNGKID DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN MUNGKID, KABUPATEN MAGELANG
ANALISIS KINERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN MUNGKID DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN MUNGKID, KABUPATEN MAGELANG
Rafif Maulana Malik (NPM. 1810201093) Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
ABSTRAK
Salah satu instansi pemerintah di tingkat daerah adalah kecamatan. Birokrasi kecamatan merupakan instrumen penting dalam menopang keberlangsungan pembangunan di daerah. Pelayanan yang prima bagi masyarakat berkaitan dengan hasil penilaian kinerja pegawai. Survei Kepuasan Masyarakat menjadi salah satu instumen peniliaian kinerja dari masyarakat kepada kantor kecamatan, salah satunya pada kantor kecamatan Mungkid. Terdapat penurunan nilai SKM yang cukup signifikan pada 2 indikator yakni, waktu pelayanan serta kompetensi pelaksana. Kedua indikator tersebut masih menjadi permasalahan dalam pelayanan kantor kecamatan mungkid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kinerja dari pegawai kantor kecamatan Mungkid dalam memberikan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dilihat dari kelima aspek dalam penelitian ini yang menggambarkan bagaimana kinerja pegawai kantor kecamatan Mungkid, meliputi: kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian. Dari indikator Kualitas kerja, pegawai Kantor Kecamatan Mungkid dinilai sudah cukup baik dalam pelaksanaan pekerjaan seharihari; kemudian dari indikator Kuantitas kerja dapat dilihat belum optimal dilihat dari jumlah pegawai dalam stuktur pegawai yang masih belum terisi seluruhnya, mengakibatkan adanya ketimpangan dalam pengerjaan beban kerja yang ada; Ketepatan waktu, salah satunya dapat dilihat dari waktu pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat belum optimal; Efektivitas kerja pegawai dilihat kurang optimal, serta penyediaan sarana dan prasarana yang sudah cukup baik untuk masyarakat; Kemandirian dapat dilihat dari kemampuan unutk menyelesaikan permasalahan publik, dilihat sudah cukup baik.
Kata kunci: Kinerja; Pegawai; Pelayanan
130-UN57.U1-SSP-XII-2023 | ADMINISTRASINEGARA MAL A 2023 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain