Text
SKRIPSI PENGARUH HARGA, VARIAN, REKOMENDASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS (Studi Kasus pada Pengguna Pasta Gigi Pepsodent di Jawa Tengah)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari harga, varian, rekomendasi dan kualitas produk terhadap loyalitas pada pengguna pasta gigi Pepsodent di Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuanitatif dengan data primer yang diperoleh dari 100 orang responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji koefisien determinasi dan diketahui bahwa harga, varian, rekomendasi dan kualitas produk memberikan pengaruh sebesar 53,7% terhadap loyalitas. Dilakukan uji F dan didapatkan hasil bahwa harga, varian, rekomendasi dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas. Kemudian dilakukan uji t dan dapatkan hasil bahwa harga dan varian tidak berpengaruh terhadap loyalitas pengguna pasta gigi Pepsodent di Jawa Tengah, sedangkan rekomendasi dan kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pengguna pasta gigi Pepsodent di Jawa Tengah. Maka berdasarkan hasil penelitian PT Unilever Indonesia Tbk. perlu memperhatikan harga dan varian serta meningkatkan hal-hal yang dapat merangsang pengguna untuk memberikan rekomendasi kepada orang di sekitarnya dan terus menjaga kualitas produk dalam menyusun strategi pemasarannya agar dapat terus menjaga loyalitas penggunanya.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Loyalitas.
Abstract
This research aims to determine the influence of price, variants, recommendations and product quality on loyalty among Pepsodent toothpaste users in Central Java. This type of research is quantitative research with primary data obtained from 100 respondents. The data obtained was analyzed using the coefficient of determination test and it was found that price, variants, recommendations and product quality had an influence of 53.7% on loyalty. An F test was carried out and the results showed that price, variants, recommendations and product quality together had an effect on loyalty. Then a t test was carried out and the results were that price and variant had no effect on the loyalty of Pepsodent toothpaste users in Central Java, while product recommendations and quality had an effect on the loyalty of Pepsodent toothpaste users in Central Java. So based on the research results of PT Unilever Indonesia Tbk. need to pay attention to prices and variants and improve things that can stimulate users to provide recommendations to people around them and continue to maintain product quality in developing marketing strategies so that they can continue to maintain user loyalty.
Keywords: Marketing Strategy, Consumer Behavior, Loyalty.
100-UN57.U1-SMJ-XII-2023 | MANAJEMEN ALV P 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain