Text
SKRIPSI ANALISIS PELATIHAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPA
ABSTRAK
Mahmud, R. 2023. “Analisis Pelatihan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Dalam Perencanaan Pembelajaran IPA”. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, M.Pd.
Kata Kunci : Literasi Sains, Aspek Literasi Sains, Pelatihan Literasi Sains
Literasi sains mengacu pada kemampuan setiap orang untuk memahami konsep dan prosedur ilmiah. Manusia harus menggunakan pengetahuannya dalam membuat keputusan. Literasi sains menekankan pada nilai kemampuan berpikir dan bertindak. Pengusaan literasi sains pada peserta didik Indonesia masih tergolong rendah dari tahun ke tahun dengan menduduki peringkat bawah. Penelitian berfokus pada aspek dan upaya pelatihan yang dilakukan guru IPA dalam meningkatkan kemampuan literasi pada peserta didiknya. Data yang digunakan berupa dokumen RPP IPA SMP kota Magelang. Uji reliabilitas menggunakan uji rater kemudian dihitung koefisen Cohen Kappa.
Pada RPP SMP pelajaran IPA di Kota Magelang terindikasi mengandung aspek literasi sains proses sains, konten sains, konteks sains dan sikap sains. Penerapan aspek literasi sains di SMP Kota Magelang yang tersedia dalam dokumen rencana pembelajaran/RPP IPA terdapat tiga pola yang berbeda. Pola aspek literasi sains yang terdapat dalam dokumen RPP IPA yaitu proses sains-konten sains-konteks sains-sikap sains, proses sains-konten sains-sikap sains, dan proses sains-konten sains. Pada setiap aspek yang tersedia merujuk pada indikator di dalamnya. Dari indikator disetiap aspeknya muncul pola pelatihan yang dilakukan oleh guru. Pada aspek proses sains terdapat 17 pola pelatihan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik. Pada aspek konten sains terdapat 2 pola pelatihan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik. Pada aspek konteks sains terdapat 2 pola pelatihan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik. Pada aspek yang terakhir yaitu sikap sains terdapat 3 pola pelatihan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik. Dari pola indikator yang muncul pada setiap aspek literasi sains memiliki pelatihan yang beragam. Pada setiap aspek literasi sains pelatihan literasi sains yang dilakukan oleh guru merujuk pada indikator di dalamnya.
108-UN57.U1-SI-XII-2023 | IPA MAH A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain