Text
SKRIPSI KOMUNIKASI EFEKTIF PERAWAT DALAM MERAWAT PASIEN KESADARAN SOMNOLEN DI RUANG ICU RSJ. PROF. DR. SOEROJO MAGELANG PADA MASA PANDEMI COVID 19
ABSTRAK
Dampak dari banyaknya masyarakat yang terserang virus Covid 19 menjadi perhatian tersendiri salah satunya bagi tenaga kesehatan di rumah sakit sebagai penanganan pertama dalam proses penyembuhannya. Kasus yang semakin tinggi menyebabkan gangguan yang dialami baik di fasilitas kesehatan maupun di tenaga kesehatannya sendiri. Dengan banyaknya kendala, tenaga kesehatan khususnya perawat dituntut untuk bisa menyesuaikan diri menghadapi kondisi pandemi Covid 19. Salah satunya dengan pelaksanaan komunikasi efektif dari perawat dalam mengoptimalkan pelayanan yang diberikan. Karena minimnya interaksi dan penggunaan alat pelindung menjadi salah satu tata pelaksanaan yang baru bagi perawat. Untuk itu komunikasi efektif diharapkan dapat membantu mempermudah perawat melaksanakan kinerjanya agar pasien melakukan timbal balik ketika pelayanan kesehatan dijalankan. Sehingga tujuan yang sudah direncanakan sejak awal dapat tercapai. Perawat yang menangani pasien kesadaran somnolen di ruang ICU yang berbeda dengan ruang rawat inap biasa memiliki tantangan tersendiri atas situasi yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikasi efektif berlangsung dan mengetahui hambatan maupun gangguan yang muncul terutama dari pasien kesadaran somnolen. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengambilan informan menggunakan purposive sampling sejumlah enam narasumber. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa perawat di ruang ICU RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang sudah melakukan komunikasi terapeutik yang efektif dengan melaksanakan prinsip komunikasi efektif yaitu respek, empati, dapat didengar / dapat dipahami, jelas, dan rendah hati. Begitu juga ditemukan gangguan yang dialami perawat yaitu gangguan teknis, gangguan semantik dan psikologi, gangguan fisikm gangguan status (jarak sosial), gangguan kerangka berpikir, gangguan budaya dan konteks atau situasi komunikasi.
KATA KUNCI : Covid 19, Perawat, Komunikasi Efektif, Gangguan Komunikasi
188-UN57.U1-SIK-XII-2023 | KOMUNIKASI AVI K 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain