Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF KOMUNITAS SETU SORE SELO DALAM MEMBENTUK LOYALITAS RELAWAN
ABSTRAK
Masalah kurangnya loyalitas menjadi tantangan utama dalam dinamika komunitas Setu Sore Selo atau komunitas S3. Secara spesifik, penelitian ini akan mengulas isu mengenai kurangnya loyalitas para relawan komunitas S3 yang tentu harus menjadi perhatian mengingat komunitas S3 adalah sebuah kelompok swadaya yang bergerak di bidang pendidikan dan memerlukan banyak kontribusi dari para relawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi persuasif dalam membentuk loyalitas relawan komunitas S3. Teori utama yang digunakan adalah teori strategi komunikasi persuasif oleh Melvin D. Fleur dan Sandra J. Ball- Rokeach (1989). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pemerolehan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman yang dilakukan terhadap data-data berbentuk kata, ujaran, atau peristiwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas S3 menggunakan The Psychodynamic strategy, The Sociocultural Strategy, dan The Meaning Construction strategy dalam upaya untuk membentuk loyalitas relawan. Adapun implementasinya dilakukan melalui berbagai cara, antara lain: (1) The Psychodynamic diimplementasikan melalui media sosial WhatsApp, (2) The Sociocultural Strategy diimplementasikan melalui media sosial Instagram, kegiatan outing, dan kegiatan gathering, dan (3) The Meaning Construction Strategy diimplementasikan melalui media sosial Instagram.
Kata kunci: strategi komunikasi persuasif, komunitas, loyalitas, relawan
186-UN57.U1-SIK-XII-2023 | KOMUNIKASI NUR S 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain