Text
SKRIPSI PERAN PENULIS NASKAH DALAM IKLAN EDUKATIF “TAPAK TILAS SANG JENDERAL” UNTUK MUSEUM SUDIRMAN DI MAGELANG
ABSTRAK
Peran Penulis Naskah Dalam Iklan Edukatif “Tapak Tilas Sang Jenderal” Untuk Museum Sudirman Di Magelang
KHAIRUN HUSNA
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tidar
Magelang merupakan salah satu kota tertua di Jawa Tengah, yang dikenal sebagai kota militer karena sejarahnya sebagai pusat pendidikan militer terkenal yaitu Akademi Militer. Selain itu, Magelang juga menjadi kota tempat wafatnyanya Panglima Jenderal Soedirman. Museum Sudirman adalah peninggalan Sang Jenderal yang didirikan untuk mengenang jasa-jasanya di Magelang. Namun, masyarakat umum saat ini kurang mengunjungi Museum Sudirman, terutama generasi muda. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung adalah dengan mengiklankan atau memperkenalkan museum kepada masyarakat. Pada membuat sebuah iklan tentunya membutuhkan seorang penulis naskah untuk memulai proses produksinya. Oleh karena itu, penulis ingin menjabarkan mengenai peran penulis naskah dalam iklan edukatif “Tapak Tilas Sang Jenderal”. Tugas akhir ini bertujuan untuk menjelaskan peran penulis naskah dalam proses pembuatan iklan "Tapak Tilas Sang Jenderal". Pada pembuatan iklan ini terdapat tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Penulis dan juga crew menghadapi beberapa kendala dalam proses pembuatan iklan, akan tetapi kendala tersebut dapat terselesaikan dengan baik sehingga, menghasilkan video iklan yang sesuai dengan konsep yang telah direncanakan yaitu video iklan yang berfokus pada tiga elemen penting komunikasi persuasif yaitu ethos, pathos, dan logos.
Kata Kunci: Iklan Edukatif, Penulis Naskah, Museum Sudirman, Magelang
185-UN57.U1-SIK-XII-2023 | KOMUNIKASI HUS P 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain