Text
SKRIPSI PERAN SUTRADARA DALAM IKLAN EDUKATIF “TAPAK TILAS SANG JENDERAL” UNTUK MUSEUM SUDIRMAN DI MAGELANG
ABSTRAK
(Fanda Wahyu Nur Pratama, 2023)
PERAN SUTRADARA DALAM IKLAN EDUKATIF “TAPAK TILAS SANG JENDERAL” UNTUK MUSEUM SUDIRMAN DI MAGELANG
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tidar
Magelang merupakan salah satu kota tertua di Jawa Tengah, Magelang juga dikenal sebagai kota militer karena latar belakang kota Magelang yang dijadikan sebagai pusat pendidikan militer terkenal yaitu Akademi Militer. Selain itu, Magelang juga menjadi kota tempat meninggalnya Panglima Jenderal Sederman. Untuk mengenang jasa-jasanya di Magelang, didirikanlah museum peninggalan Sang Jenderal yang dikenal dengan nama Museum Sudirman. Namun Museum Sudirman saat ini kurang diminati masyarakat khususnya generasi muda. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung adalah dengan mengiklankan atau memperkenalkan museum kepada masyarakat. Dalam membuat sebuah iklan tentunya membutuhkan seorang sutradara untuk menunjang proses produksinya. Oleh karena itu, penulis ingin menulis tentang peran sutradara dalam iklan edukasi “Tapak Tilas Sang Jenderal.” Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mendeskripsikan peran sutradara dalam proses pembuatan iklan “Tapak Tilas Sang Jenderal. Terdapat tiga tahapan dalam pembuatan iklan ini yaitu praproduksi, produksi dan pasca produksi. Dalam proses pembuatan video iklan ini, tentunya ada beberapa kendala yang dihadapi oleh crew namun, kendala tersebut dapat diatasi dan akhirnya menghasilkan video iklan sesuai dengan ide yang direncanakan sehingga, video ikan tersebut dapat diimplementasikan ke dalam tiga aspek penting dalam komunikasi persuasive yaitu ethos, pathos, dan logos.
Kata Kunci: Iklan Edukatif, Sutradara, Museum Sudirman, Magelang
182-UN57.U1-SIK-XII-2023 | KOMUNIKASI PRA P 2023 | My Library (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain