PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) MELALUI SISTEM DRIVE THRU PADA SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KOTA MAGELANG

ARINI LESTARI - Nama Orang;

ABSTRAK
Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Melalui Sistem Drive Thru pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Magelang
Arini Lestari (1910201041)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Penyelenggaraan pelayanan publik memerlukan terobosan untuk menjangkau kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan. UPPD Kota Magelang selaku instansi penyelenggara pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) telah membentuk unit pembantu dengan penerapan sistem drive thru sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Tujuan pelayanan PKB melalui sistem ini adalah dalam rangka memenuhi keinginan dan tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang cepat serta mudah. Pelayanan PKB dengan sistem drive thru memungkinkan masyarakat dapat bertransaksi tanpa perlu turun dari kendaraan. Pelaksanaan pelayanan ini melibatkan tiga instansi penyelenggara yakni Kepolisian sebagai unit registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, UPPD sebagai pemungut pajak dan PT Jasa Raharja sebagai penerima pembayaran SWDKLLJ. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pelayanan PKB melalui sistem drive thru. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan PKB melalui sistem drive thru di Kota Magelang sudah baik serta mampu memberikan pelayanan yang mudah dan cepat kepada masyarakat. Namun masih terdapat kekurangan pada lokasi dan tempat pelayanan yaitu keterbatasan pos pelayanan, tidak adanya tanda jalur masuk-keluar layanan dan keberadaan plang petunjuk layanan sehingga masih perlu perbaikan untuk kedepannya.
Keywords: kualitas pelayanan publik, pelayanan PKB, samsat drive thru


Ketersediaan
9-UN57.U1-SSP-I-2024ADMINISTRASINEGARA LES P 2024Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
ADMINISTRASINEGARA LES P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;142HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
350
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_ILMU_ADMINISTRASI_NEGARA
FAKULTAS_FISIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik