Text
SKRIPSI PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN NOMOR INDUK BERUSAHA (NIB) TERHADAP KEPUASAN PELAKU USAHA DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN WONOSOBO)
ABSTRAK
Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Perizinan Nomor Induk Berusaha (NIB) terhadap Kepuasan Pelaku Usaha Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wonosobo)
Rumaisha Wida Kinasih (1910201134)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Kesejahteraan merupakan keadaan saat masyarakat merasa bahwa kondisi kehidupan yang dilalui telah sejahtera, apabila negara dikatakan sejahtera maka kualitas pelayanan publiknya juga mencerminkan nilai kesejahteraan tersebut begitu pula sebaliknya. Kualitas pelayanan publik merupakan kesesuaian tiap instansi dalam memberikan pelayanan yang disesuaikan dengan standar pelayanan yang diatur sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan yang baik. Pelayanan publik diberikan tidak hanya memenuhi harapan masyarakat tetapi dapat juga membangun citra yang baik bagi pemerintah sehingga senantiasa dapat membentuk hubungan baik antara pemerintah dan masyarakat. Salah satu pelayanan yang diberikan pemerintah adalah dalam penyelenggaraan pelayanan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) baik untuk pelaku usaha di skala kecil, menengah hingga besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelaku usaha dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif asosiatif dengan metode analisis menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 5962 pelaku usaha sehingga dalam pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus slovin dengan begitu sampel yang diambil sebanyak 100 pelaku usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perizinan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang diberikan oleh DPMPTSP Kabupaten Wonosobo berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelaku usaha yang ada di Wonosobo. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui pengujian hipotesis uji signifikan parsial (uji t) yang terdapat di Coefficients Table dengan perolehan nilai signifikansi 0.00 ≤ 0.05 dengan begitu untuk uji hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Terdapat pengaruh sebesar 25,2% dari kualitas pelayanan perizinan Nomor Induk Berusaha (NIB) terhadap kepuasan pelaku usaha dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wonosobo.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelaku Usaha, Pelayanan Perizinan Nomor Induk Berusaha (NIB)
5-UN57.U1-SSP-I-2024 | ADMINISTRASINEGARA KIN P 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain