Text
SKRIPSI KEBERHASILAN PROGRAM KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERIK SISWA DI SDN TIRTOSARI SAWANGAN MAGELANG
ABSTRAK
Keberhasilan merupakan suatu pencapaian terhadap tujuan yang ingin dicapai. Keberhasilan yang berkaitan dengan pemerintah adalah Keberhasilan adanya sebuah pogram. Program Kurikulum Merdeka merupakan salah satu kebijakan publik pada bidang Pendidikan.Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi, guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Salah satu satuan Pendidikan yang melaksanakan penerapan kurikulum Merdeka adalah SDN Tirtosari Sawangan Magelang.Meskipun telah melaksanakan penerapan kurikulum Merdeka namun masih ada permasalahan yang terjadi yaitu minimnya pengalaman guru dalam mengajar kurikulum Merdeka, kurangnya akses dalam pembelajaran, dan manajemen waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan program kurikulum Merdeka di SDN Tirtosari Sawangan Magelang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pemilihan informan menggunakan Teknik snowball sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keberhasilan Program Kurikulum Merdeka Di SDN Tirtosari Sawangan Magelang dapat diketahui melalui sepuluh indikator yaitu:struktur kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran, pembelajaran dan asesmen, projek penguatan profil pelajar Pancasila. perangkat ajar, kurikulum operasional satuan Pendidikan, mekanisme implementasi kurikulum Merdeka, evaluasi kurikulum pada satuan Pendidikan pelaksana kurikulum merdekafungsi kesesuaian antara mereka yang dibantu, dan program juga organisasi yang membantu.
Kata Kunci :Keberhasilan Program, Kurikulum Merdeka, Penerapan, Satuan Pendidikan
134-UN57.U1-SSP-XII-2023 | ADMINISTRASINEGARA YUL K 2023 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain