Text
SKRIPSI WACANA CHILDFREE DALAM KONTEN YOUTUBE MENJADI MANUSIA “CHILDFREE BY CHOICE: SEMUA HAL ITU EGOIS” (KAJIAN WACANA KRITIS NORMAN FAIRCLOUGH)
ABSTRAK
(Clara Kirana Enggar Pangesti, 2023)
WACANA CHILDFREE DALAM KONTEN YOUTUBE
MENJADI MANUSIA
“CHILDFREE BY CHOICE; SEMUA HAL ITU EGOIS”
(KAJIAN WACANA KRITIS NORMAN FAIRCLOUGH)
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tidar
Fenomena childfree diartikan sebagai suatu keengganan bagi individu untuk memiliki anak. Fenomena tersebut melahirkan berbagai perspektif, karena dianggap berbenturan dengan konstruksi sosial yang telah diamini secara turun temurun. Pada dasarnya, konstruksi sosial yang telah dibangun menyiratkan bahwa perempuan dengan peran, identitas dan kedudukannya berkewajiban untuk memiliki anak setelah melangsungkan pernikahan. Hal tersebut sebagai imbas dari adanya salah satu aspek praktik budaya, yaitu budaya patriarki. Budaya patriarki sebagai sebuah sistem dan ideologi dominan, menepikan kedudukan perempuan menjadi pihak yang inferior. Adanya pandangan konservatif di kalangan masyarakat kolektif, diantaranya pernyataan “banyak anak banyak rezeki” dan pernyataan “kapan punya anak” mewarnai fenomena tersebut. Media menawarkan perspektifnya dengan turut mengulas dinamika perjalanan childfree. Melihat hal tersebut, Menjadi Manusia mencoba memberikan pandangan baru dan mengangkat permasalahan mengenai fenomena hidup tanpa anak melalui kontennya yang berjudul “Childfree By Choice; Semua Hal Itu Egois”. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan wacana childfree dalam konten Youtube Menjadi Manusia “Childfree By Choice; Semua Hal Itu Egois”, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis wacana kritis Norman Fairclough. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran childfree sebagai sebuah upaya pergerakan perempuan disamping nilai budaya yang mengakar. Penggunaan konsep feminisme dan dominasi patriarki terhadap relasi gender, menunjukkan beberapa wacana childfree yang terbentuk dari konten Youtube Menjadi Manusia “Childfree By Choice; Semua Hal Itu Egois” diantaranya, wacana perlawanan terhadap konstruksi gender, wacana pemberdayaan perempuan melalui media, wacana seksualitas perempuan, wacana mothering dan pengasuhan, wacana domestifikasi perempuan, wacana seksisme pada perempuan, dan wacana tradisional.
Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Childfree, Feminisme, Konten Youtube Menjadi Manusia “Childfree By Choice; Semua Hal Itu Egois”
191-UN57.U1-SIK-XII-2023 | KOMUNIKASI PAN W 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain