Text
SKRIPSI PENGARUH HARGA, PERSEPSI KUALITAS, VARIASI PRODUK, SERVICESCAPE, DAN SUASANA TOKO TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI KASUS PADA PELANGGAN MIE GACOAN DI JAWA TENGAH)
ABSTRAK
Industri kuliner saat ini tidak hanya memenuhi cita rasa saja, tetapi juga kebutuhan lainnya seperti sosialisasi dan aktualisasi dengan tujuan untuk membangun identitas dan strata sosial. Sebagian besar masyarakat Jawa menyukai makanan yang memiliki perpaduan rasa manis dan pedas. Mie Gacoan merupakan salah satu restoran mie yang memiliki inovasi olahan produk mie dengan variasi rasa manis hingga pedas yang pengunjungnya hampir tidak pernah sepi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh harga, persepsi kualitas, variasi produk, servicescape, dan suasana toko terhadap minat beli ulang terhadap mie gacoan di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan probability sampling, dengan ketentuan usia diatas 15 tahun, berdomisili di Jawa Tengah, dan pernah mengkonsumsi Mie Gacoan minimal 3 kali. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, uji t parsial, dan uji F simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan parsial adanya pengaruh signifikan antara harga dengan nilai signifikansi 0,046 < 0,05, persepsi kualitas dengan nilai signifikansi 0,041 < 0,05, dan variasi produk dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 terhadap minat beli ulang. Kemudian tidak adanya pengaruh signifikan antara servicescape, dan suasana toko terhadap minat beli ulang. Hasil penelitian secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara harga, persepsi kualitas, variasi produk, servicescape, dan suasana toko terhadap minat beli ulang dengan nilai F hitung sebesar 47,969.
Kata kunci: Harga, Persepsi Kualitas, Variasi Produk, Servicescape, dan Suasana
Toko.
Abstract
The current culinary industry not only fulfills taste, but also other needs such as socialization and actualization with the aim of building identity and social strata. Most Javanese people like food that has a combination of sweet and spicy flavors. Mie Gacoan is a noodle restaurant that has innovatively processed noodle products with a variety of sweet to spicy flavors which are almost never empty of visitors. This research aims to determine the influence of price, perceived quality, product variety, servicescape, and shop atmosphere on repurchase interest in gacoan noodles in Central Java. This research used 100 respondents who were determined using probability sampling, provided that they were over 15 years old, domiciled in Central Java, and had consumed Gacoan Noodles at least 3 times. The data analysis used is multiple linear regression analysis, partial t test, and simultaneous F test. The results of this research show a partial relationship with a significant influence between price with a significance value of 0.046 < 0.05, perceived quality with a significance value of 0.041 < 0.05, and product variety with a significance value of 0.001 < 0.05 on repurchase intention. Then there is no significant influence between servicescape and shop atmosphere on repurchase interest. Simultaneous research results show a significant influence between price, perceived quality, product variety, servicescape and store atmosphere on repurchase interest with a calculated F value of 47.969.
Keywords: Price, Perceived Quality, Product Variety, Servicescape, and Store
Atmosphere.
97-UN57.U1-SMJ-XII-2023 | MANAJEMEN KUR P 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain