Text
SKRIPSI PENGARUH INTENSITAS PERSEDIAAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN KONEKSI POLITIK SEBAGAI VARIABEL MODERASI
ABSTRAK
Agresivitas pajak merupakan bentuk praktik merancang pendapatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk meminimalkan pajak yang harus dibayar secara ilegal. Presentase tindakan agresivitas pajak yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur mencapai 23%. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis agresivitas pajak dengan koneksi politik sebagai variabel moderasi yang mana variabel ini diketahui berkaitan erat dengan kegiatan penghindaran pajak perusahaan dengan agresif. Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini berupa intensitas persediaan, ukuran perusahaan, dan corporate social responsibility (CSR). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan purpsive sampling, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2021. Populasi penelitian sebanyak 368 perusahaan dengan perolehan sampel 80 data dan total observasi sebanyak 240 data selama periode 3 tahun . Metode analisis data menggunakan linier regresi berganda dan moderated analysis regression (MRA) dan olah data menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas persediaan dan CSR tidak bepengaruh terhadap agresivitas pajak, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak, koneksi politik tidak mampu memoderasi intensitas persediaan dan CSR terhadap agresivitas pajak, koneksi politik mampu memoderasi ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak.
Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Intensitas Persediaan, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responbility, Koneksi politik
114-UN57.U1-SAK-XII-2023 | AHLI-AKUNTANSI PUS P 2023 | Ruang Skripsi (AHLI-AKUNTANSI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain