Text
SKRIPSI BENTUK DAN FUNGSI KATEGORI FATIS PADA KUMPULAN CERPEN SEPASANG SEPATU TUA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI SMP
ABSTRAK
Zuraida, Helmi. 2023. “Bentuk dan Fungsi Kategori Fatis pada Kumpulan Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono dan Implementasi dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Hari Wahyono, M.Pd., Pembimbing II Irsyadi Shalima, S.S., M.A.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan kategori fatis yang ditemukan dalam ujaran pada kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono. Minimnya pengetahuan tentang kategori fatis menjadikan penelitian ini layak untuk dilakukan. Sebagian besar ujaran pada kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua dominan menggunakan kategori fatis. Setiap bentuk kategori fatis tentu memiliki fungsi yang berbeda berdasarkan konteks pembicarannya.
Tujuan dari penelitian untuk (1) memperoleh data berupa bentuk kategori fatis yang digunakan dalam kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono, (2) memperoleh data berupa fungsi kategori fatis pada kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono, dan menghasilkan modul pembelajaran sebagai implementasi teori kategori fatis pada kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu bentuk dan fungsi kategori fatis pada kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ditemukan data bentuk partikel dan frasa fatis dalam kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono, yaitu 50 partikel fatis dan 3 frasa fatis, (2) Berdasarkan 53 data tersebut ditemukan 24 fungsi, yaitu menekankan rasa acuh tak acuh; menekankan ajakan; menekankan pemaksaan dengan membujuk; menekankan pemberian persetujuan; sekadar penekanan; menekankan kesalahan kawan bicara; menyalami kawan bicara yang dianggap akrab; menekankan pembuktian; mengganti kata mengapa atau kenapa; menekankan perintah; menggantikan kata saja; menekankan alasan dan pengingkaran; menekankan kalimat imperatif; menekankan kepastian; meminta kawan bicara mengalihkan perhatian; menonjolkan bagian ujung konstituen pertama kalimat; mengucapkan kepada kawan bicara yang mendapatkan sesuatu yang baik; sebagai makna memang atau sebenarnya; menekankan alasan; menguatkan maksud; membenarkan apa yang ditanyakan kawan bicara; meminta persetujuan kawan bicara; mengungkapkan keragu-raguan terhadap apa yang diungkapkan penutur; dan memulai interaksi, (3) Kategori fatis dalam kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono dapat diimplementasikan sebagai modul pembelajaran materi menulis cerpen bahasa Indonesia kelas IX SMP, terutama materi aspek kebahasaan.
Berdasarkan hasil analisis, disarankan untuk pendidik dapat mempergunakan penelitian ini sebagai materi ajar, untuk siswa dapat digunakan sebagai materi tambahan dalam menulis cerita pendek dan peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam mengenai penelitian ini.
Kata Kunci: cerpen, kategori fatis, modul
109-UN57.U1-SIN-XII-2023 | INDONESIA ZUR B 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain