4,02, dengan demikian maka kedua variabel tersebut ada korelasinya dan signifikan. b.Pengaruh Motivasi Aparat terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat diuji dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment, misalnya 0,89 > 0,254, dan selanjutnya diuji dengan F test, hasilnya 220,97 F tabel 5% menunjukitan angka 4,02, maka 220,97 > 4,02 dengan demikian kedua variabel yang diuji ada korelasinya dan signifikan. c.Pengaruh Persepsi Masyarakat dan Motivasi Aparat tarhadap Perubahan Perilaku Masyarakat. 1. Hubungan Persepsi Masyarakat dengan Motivasi Aparat diuji dengan Korelasi Product Moment hasilnya adalah 0,80, r tabel adalah 0,254 dengan demikian dua variabel di atas ada hubungannya dan signifikan karena 0,80 > 0,254 selanjutnya diuji dengan F test hasilnya 103,11 sedang F tabel menunjukkan 4,02 maka hubungan kedua variabel signifikan karena 103,11 2. Hubungan Persepsi Masyarakat dengan Perubahan perilaku Masyarakat dikontrol oleh Motivasi Aparat, diuji dongan Korelasi Partial hasilnya 0,55, sedang tabel adalah 0,254 maka 0,55 > 0,254. Selanjutnya diuji dengan F test, hasilnya adalah 24,72 sedang F tabel adalah 50% dengan demikian 24,72 > 2,04 dengan demikian hubungan antar keduanya adalah signifikan. 3. Hubungan antara Motivasi Aparat dengan perubahan perilaku Masyarakat dengsn dikontrol oleh variabel persepsi Masyarakat, diuji dengan korelasi partial. Hasilnya 0,23 selanjutnya diuji dengan F test, hasilnya 3,190, sedang F tabel 5% menunjukkan angka 2,04 maka 3,190 > 2,04. d. Hubungan antara variabel persepsi Masyarakat dan motivasi aparat sacara bersama-sama terhadap variabel Perubahan perilaku Masyarakat, dicari dengan menggunakan rumus korelasi ganda / majemuk, hasilnya menunjukan angka 0,85. Untuk menguji signifikansinya digunakan F test, hasilnya menunjulrikan 148,14, sedang F tabel menunjuklan angka 2,04, dengan demikian F hitungan lebih besar dari F tabel yaitu 148,14 > 2,04. Maka hubungan kadua variabel pengaruh dan satu variabel terpengaruh adalah algnifikan. e. Untuk manguji prosentasi pengarah persepsi Masyarakat dan motivasi aparat secara bersama-sama terhadap perubahan Perilaku Masyarakat, digunakan rumus koofision determinasi. Adapun hasilnya manunjukan angka 0,56. Dengan demikian kedua variabel pengaruh terasbut secara bersama-sama mempengaruhi variabel terpengaruh sebesar 56%, selebihnya yang 44% dipengaruhi factor-faktor lain yang diluar jangkauan penelitian dalam skripsi ini. Dari hasil pangujian di atas dengın kasimpulan terakhir secara bersama-sama variabel persepsi Masyarakat dan Motivasi Aparat mempengaruhi variabal Perubahan Perilaku Masyarakat sebesar 56%, ada ketentuan yang mengatakan bahwa apabila hasilnya lebih basar dari 0,5. " />