Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN MEDIA PETUAH (PETA PETUNJUK ARAH) UNTUK KELAS X SMA/SEDERAJAT
ABSTRAK
Mariyam, Dewi. 2023. “Pengembangan model pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis kearifan lokal menggunakan media PETUAH (Peta Petunjuk Arah) untuk Kelas X SMA/Sederajat”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M. Hum., Pembimbing II Ayu Wulandari, M.Pd.
Kata Kunci: menulis teks eksposisi, kearifan lokal, media Petuah (Peta Petunjuk Arah)
Penelitian yang berjudul “Pengembangan model pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis kearifan lokal menggunakan media PETUAH (Peta Petunjuk Arah) untuk Kelas X SMA/Sederajat” dilatarbelakangi oleh penggunaan media yang belum efektif dalam kegiatan pembelajaran yang menyebabkan peserta didik kurang antusias dalam belajar. Berdasarkan observasi, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi cara menulis teks eksposisi. Mempertimbangkan pembelajaran abad 21 yang banyak memanfaatkan teknologi dan kebutuhan, perlu adanya pembelajaran berbeda dengan kembali memanfaatkan pembelajaran konvensional mencantumkan tema kearifan lokal. Maka perlu dikembangkan media pembelajaran inovatif dan menarik agar mendorong minat belajar sesuai analisis kebutuhan menurut persepsi pendidik dan persepsi peserta didik yang dibutuhkan. Alternatifnya ialah pengembangan model pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis kearifan lokal menggunakan media PETUAH untuk kelas X SMA/sederajat.
Tujuan dari penelitian ini di antaranya: (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis kearifan lokal menggunakan media PETUAH untuk kelas X SMA/sederajat, (2) menjabarkan prinsip media pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis kearifan lokal menggunakan Petuah untuk kelas X SMA/sederajat, dan (3) menyusun desain/prototippe media pembelajaran teks eksposisi berbasis kearifan lokal menggunakan Petuah sesuai kebutuhan pengembangan menurut peserta didik dan pendidik.
Metode yang digunakan ialah Research and Development (RnD) Sugiyono (2010). Tahapan penelitian ini, meliputi analisis potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, kuesioner kebutuhan pengembangan dan kuesioner penilaian pakar ahli.
Hasil penelitian ini ada tiga, yang pertama yaitu kebutuhan terhadap media pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis kearifan lokal menggunakan Petuah. Kedua, prinsip-prinsip media pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan Petuah, yaitu prinsip P3Tilarik (Perencanaan, Penyusunan Langkah-Langkah, Pelaksanaan, Tindak Lanjut, dan Menarik). Ketiga, desain media tertuang menjadi bentuk visual buku panduan media pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan Petuah. Desain buku panduan memperoleh nilai 96,25% (dari pakar ahli media pembelajaran) dan 95% (dari pakar ahli materi) yang tergolong layak.
104-UN57.U1-SIN-XII-2023 | INDONESIA MAR P 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain