Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMP KELAS VII
ABSTRAK
Pertiwi, Ayu Mutiara. 2024. “Keefektifan Learning Cycle 7E Terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa SMP Kelas VII.”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata Kunci: Learning Cycle 7E, Pengukuran, Model Pembelajaran, Kreativitas Ilmiah
Sebagai bagian dari sains, pembelajaran IPA memerlukan pemahaman konsep dan pengalaman nyata yang harus diamati oleh siswa secara langsung. Berdasarkan observsi, penggunaan model discovery learning, ditemukan bahwa tingkat kreativitas siswa masih tergolong rendah yang penyebabnya adalah kegiatan pembelajaran masih dilaksanakan secara berpusat pada guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model learning cycle 7E terhadap kreativitas ilmiah siswa SMP kelas VII.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan non equivalent pretest and post-test control group design dalam proses pengambilan data. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 10 Kota Magelang, dengan menggunakan dua kelas uji, yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIG sebagai kelas kontrol. Pengujian pemahaman konsep dilakukan dengan menggunakan 7 butir soal uraian, serta pengujian kemampuan kreativitas ilmiah dilakukan tes oleh peneliti.
Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya model pembelajaran learning cycle 7E terbukti berpengaruh pada kemampuan kreativitas ilmiah siswa. Keefektifan penerapan model pembelajaran tersebut pada kreativitas ilmiah siswa dibuktikan dengan hasil nilai uji independent sample t-test yang mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,03. Hal ini menjelaskan penerapan model pembelajaran tersebut pada kemampuan kreativitas ilmiah siswa dianggap terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa telah memenuhi tujuh aspek sesuai dengan kreativitas ilmiah yang dinilai. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan pembelajaran dengan kegiatan menggunakan model learning cycle 7E akan memberikan pengalaman siklus belajar yang berulang kepada siswa, sehingga akan mempermudah siswa untuk memahami serta mengingat kembali konsep materi yang telah dipelajari. Selain itu, hasil uji N Gain kelas eksperimen adalah 0,53, sedangkan kelas kontrol 0,32. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kreativitas ilmiah sebelum dan sesudah diberi perlakuan yang berbeda terdapat hasil yang tidak sama antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran yang dilakukan akan membuat siswa aktif di dalam prosesnya karena interaksi dua arah antara guru dan siswa, maka akan tercapai aspek-aspek kreativitas ilmiah.
2-UN57.U1-SI-II-2024 | IPA PER K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain