PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMP KELAS VII

MUTIARA AYU PERTIWI - Nama Orang;

ABSTRAK
Pertiwi, Ayu Mutiara. 2024. “Keefektifan Learning Cycle 7E Terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa SMP Kelas VII.”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata Kunci: Learning Cycle 7E, Pengukuran, Model Pembelajaran, Kreativitas Ilmiah
Sebagai bagian dari sains, pembelajaran IPA memerlukan pemahaman konsep dan pengalaman nyata yang harus diamati oleh siswa secara langsung. Berdasarkan observsi, penggunaan model discovery learning, ditemukan bahwa tingkat kreativitas siswa masih tergolong rendah yang penyebabnya adalah kegiatan pembelajaran masih dilaksanakan secara berpusat pada guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model learning cycle 7E terhadap kreativitas ilmiah siswa SMP kelas VII.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan non equivalent pretest and post-test control group design dalam proses pengambilan data. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 10 Kota Magelang, dengan menggunakan dua kelas uji, yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIG sebagai kelas kontrol. Pengujian pemahaman konsep dilakukan dengan menggunakan 7 butir soal uraian, serta pengujian kemampuan kreativitas ilmiah dilakukan tes oleh peneliti.
Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya model pembelajaran learning cycle 7E terbukti berpengaruh pada kemampuan kreativitas ilmiah siswa. Keefektifan penerapan model pembelajaran tersebut pada kreativitas ilmiah siswa dibuktikan dengan hasil nilai uji independent sample t-test yang mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,03. Hal ini menjelaskan penerapan model pembelajaran tersebut pada kemampuan kreativitas ilmiah siswa dianggap terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa telah memenuhi tujuh aspek sesuai dengan kreativitas ilmiah yang dinilai. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan pembelajaran dengan kegiatan menggunakan model learning cycle 7E akan memberikan pengalaman siklus belajar yang berulang kepada siswa, sehingga akan mempermudah siswa untuk memahami serta mengingat kembali konsep materi yang telah dipelajari. Selain itu, hasil uji N Gain kelas eksperimen adalah 0,53, sedangkan kelas kontrol 0,32. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kreativitas ilmiah sebelum dan sesudah diberi perlakuan yang berbeda terdapat hasil yang tidak sama antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran yang dilakukan akan membuat siswa aktif di dalam prosesnya karena interaksi dua arah antara guru dan siswa, maka akan tercapai aspek-aspek kreativitas ilmiah.


Ketersediaan
2-UN57.U1-SI-II-2024IPA PER K 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PER K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;177HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik