Text
SKRIPSI IDENTIFIKASI HAMBATAN DAN SOLUSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA YANG DIALAMI GURU IPA DI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Awali, Danimaulia Nurraafi. 2024. “Identifikasi Hambatan dan Solusi Implementasi Kurikulum Merdeka yang Dialami Guru IPA di Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang berlaku mulai dari tahun 2022. Tujuannya adalah mengentaskan indonesia dari ketertinggalan pendidikan. Dalam implementasinya, beberapa sekolah mengalami hambatan yang menghambat keberhasilan kurikulum merdeka. hambatan yang menghambat ketercapaian tujuan kurikulum merdeka berdampak pada langgengnya ketertinggalan pendidikan. Disamping itu, di kota magelang terdapat beberapa sekolah sebagai pelaksana kurikulum merdeka. Maka dari itu identifikasi hambatan perlu dilakukan guna mengetahui hambatan apa saja yang menjadi hambatan guru serta solusinya dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perspektif guru terhadap implementasi, hambatan dan solusi guru dalam proses implementasi kurikulum merdeka pada pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik angket dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA di SMP Negeri kota Magelang terlaksana dengan beberapa hambatan. Hambatan berserta solusinya antara lain: keraguan guru dalam pengembangan modul, proses adaptasi guru, keterbatasan sumber belajar yang variatif, kurangnya pemahaman guru terhadap pembelajaran diferensiasi, keberagaman peserta didik, ketidaklengkapan nilai tugas peserta didik, rendahnya motivasi belajar dan literasi, banyaknya kegiatan yang menyita waktu, serta lambatnya proses pembelajaran akibat kurangnya sumber referensi. Solusinya melibatkan langkah-langkah seperti pengembangan modul dengan metode ATM, terus mendorong adaptasi guru, memanfaatkan sumber belajar yang ada, memaksimalkan pembelajaran diferensiasi, memberikan perlakuan khusus terhadap peserta didik, dan menyusun rencana pembelajaran yang efisien.
Kata Kunci: Hambatan, IPA, Kurikulum Merdeka.
3-UN57.U1-SI-II-2024 | IPA AWA I 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain