Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP
ABSTRAK
Ambarwati, Anisa T. 2023. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S. Pd., M. Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: e-LKPD, Keterampilan Komunikasi, TTW
Di era abad 21 terdapat banyak persaingan yang dinilai sangat kompetitif. Manusia dituntut untuk mengikuti persaingan dalam arus kehidupan maka proses pendidikan yang memiliki pengaruh penting bagi perkembangan masyarakat dalam mengolah pengetahuan dan keterampilan yang baik. Keterampilan abad 21 salah satunya adalah keterampilan komunikasi. Berdasarkan wawancara di SMP Negeri 12 Kota Magelang twedapat permasalahan selama proses berlangsung yaitu belum adanya LKPD yang dapat menunjang keterampilan komunikasi siswa. Untuk megembangkan keterampilan komunikasi siswa, salah satunya yaitu menerapkan model pembelajaran TTW. Sehingga perlu dikembangkanya LKPD yang menarik dan diintegrasi TTW.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD berbasis TTW untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, mengetahui kevalidan e-LKPD berbasis TTW pada materi klasifikasi makhluk hidup, kepraktisan e-LKPD di SMP Negeri 12 Kota Magelang, dan keefektifan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di SMP Negeri 12 Kota Magelang.
Jenis peneilitain ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan dari Sugiyono. Kevalidan e-LKPD dilakukan oleh empat orang ahli. Kepraktisan e-LKPD dinilai oleh guru dan siswa. Uji coba pemakaian produk dilakukan menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa kelas VII C.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan e-LKPD oleh ahli memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 88,66% , dengan kategori valid dan layak digunakan. Kepraktisan dinilai dengan angket kepraktisan dengan perolehan nilai presentase guru sebesar 91% dan siswa sebesar 84% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas e-LKPD berbasis TTW dinilai menggunakan pretest dan posttest memperoleh N-gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang.
Kesimpulan dari penelitian ini adaah e-LKPD berbasis TTW pada materi klasifikasi makhluk hidup layak digunakan, sangat praktis untuk diimplementasikan, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi.
110-UN57.U1-SI-XII-2023 | IPA AMB P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain