Text
SKRIPSI PENERAPAN STRATEGI ANTICIPATION GUIDES TERINTEGRASI AKTIVITAS ARGUMENTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA SMP
ABSTRAK
Kurniati, Ismauldy. 2023. “Penerapan Strategi Anticipation Guides Terintegrasi Aktivitas Argumentasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Siswa SMP”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Keterampilan argumentasi termasuk keterampilan berfikir kritis, dimana kegiatan pembelajaran IPA diharapkan tidak hanya melatih siswa untuk melakukan eksperimen, tetapi juga melatih kemampuan siswa dalam menafsirkan, mengolah, menalar, dan menyajikan informasi. Pemahaman konsep sains dan penalaran dapat diketahui dari bagaimana siswa menuliskan argumentasinya mengunakan susunan kalimat yang jelas. Keterampilan argumentasi dapat dilatihkan dengan aktivitas membaca yangmana aktivitas membaca ini bisa integrasikan dalam strategi pembelajaran atau dengan strategi anticipation guides. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis peningkatan keterampilan berargumentasi siswa dengan menerapkan strategi anticipation guides yang teritegrasi aktivitas argumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Al-Iman Parakan Temanggung. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A untuk kelas kontrol dan kelas VIII F untuk kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes essay sebanyak 3 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data memakai uji signifikansi yang mencakup uji normalitas, uji homogenitas, uji t,uji N-Gain, dan uji effect size. Hasil analisis data pada uji T menunjukkan bahwa taraf signfikansi didapatkan sebesar 0,049 ≤ 0,05 yang artinya terdapat perbedaan. Pada hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,62 dan kelas kontrol sebesar 0,49 yang artinya hasil N-Gain pada kedua kelas berada pada kategori sedang, tetapi pada rata-rata kedua kelas mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Kemudian hasil uji effect size diperoleh sebesar 0,378 yang berarti pengaruh yang diberikan termasuk dalam kategori sedang. Penggunaan strategi anticipation guides terintegrasi aktivitas argumentasi efektif dalam meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa. Dilihat dari hasil keterampilan argumentasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Setiap tahapan dari pembelajaran anticipation guides mampu melatihkan beberapa indikator keterampilan berargumentasi yang ada. Dengan demikian, penerapan strategi anticipation guides yang terintegrasi aktivitas argumentasi efektif dalam meingkatkan keterampilan berargumentasi siswa.
Kata Kunci: keterampilan argumentasi, anticipation guides, aktivitas argumentasi ilmiah
111-UN57.U1-SI-XII-2023 | IPA KUR P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain