Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) DENGAN STRATEGI JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI
ABSTRAK
Ariyani, Tiara Mumpuni Anindya. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Dengan Strategi Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd,. Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc,.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berargumentasi siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dengan strategi jigsaw. Metode yang digunakan adalah kuantitaf deingan jeinis quasi eixpeirimeint, deingan deisain peineilitian noineiquivaleint cointroil groiup deisign.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa moideil peimbeilajaran ADI deingan strateigi jigsaw meinggunakan aktivitas argumeintasi ilmiah eifeiktif dalam meiningkatkan keiteirampilan argumeintasi siswa keilas VII D dan VII E SMP Al-Iman. Hal ini dibuktikan beirdasarkan pada hasil analisis uji N-Gain keilas eikspeirimein seibeisar 0,57 kateigoiri tinggi, seidangkan keilas kointroil hanya 0,36 kateigoiri seidang. Keterampilan argumentasi merupakan salah satu komponen yang sangat diperlukan dalam pembelajaran sains, karena melalui argumentasi kemampuan berpikir seseorang dapat dikembangkan dengan lebih baik agar mampu memberikan pengetahuan secara utuh dan wawasan yang lebih luas kepada siswa.
Kata Kunci: Argumentasi, model pembelajaran ADI, Jigsaw.
112-UN57.U1-SI-XII-2023 | IPA ARI P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain