PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL CERDAS (Cermin Diri, Ekspose Konsep, Rumuskan Keingintahuan, Dalami Konsep, Akui Bakat, Simpul Ingatan) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP N 3 MUNTILAN

ULI NUHA AHMAD RIFA’I - Nama Orang;

ABSTRAK
Menurut studi diawal yang dilakukan di SMP N 3 Muntilan memelihatkan bahwa guru IPA ters ebut dalam proses pembelajaran masih menerapka model konvensional dengan adanya metode ceramah saat pembelajaran. Pada bagian komunikasi siswa terlihat kurang aktif, karena pembelajaran cenderung membosankan dan tidak menarik untuk bertanya. Siswa masih ragu-ragu saat mengkomunikasikan hasil diskusi. Interaksi bersifat personal sehingga kesimpulan yang diambil tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil belajar kognitif siswa SMP N 3 Muntilan rendah dengan dibuktiak dari hasil PAS (penilaian akhir semester) menunjukkan mean dari nilai mata pelajaran IPA yang dicapai tidak memenuhi KKM yaitu 60 sedangkan KKM adalah 70.
Fokus pada penelitian ini adalah pada siswa kelas 7 pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia. Menggunakan kegemanaran atau potensi yang dimiliki siswa sebagai acuannya.Model yang digunakan adalah model yang menyesuaikan dengan bakat dan kemampuan siswa yaitu model CERDAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model CERDAS berpengaruh pada nilai hasil belajar kognitif siswa SMP N 3 Muntilan.
Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitaif. Jenis penelitian menggunakan quasi exsperiment. Metode yang sesuai untuk penelitian ini yaitu metode penelitian desain kuasi eksperimen. Desain kuasi eksperimen menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum mendapat perlakuan, kelas eksperimen dan kelas kontrol terlebih dahulu dilakukan pretest untuk mengetahui sample yang digunakan bersifat homogen.
Model CERDAS mengarahkan siswa untuk mengamati lingkungan disekitar. Kemudian menuliskan hal yang ingin diketahui lebih lanjut berupa pertanyaan-pertanyaan. Untuk menggali pengetahuan lebih lanjut siswa diminta untuk mencari diberbagai sumber. Data yang diperoleh lalu dievaluasi dan dipresentasikan. Pembelajaran yang dilakukan menuntut siswa untuk bertindak aktif sehingga mampu meningkatkan pengetahuan siswa dan nilai kognitif siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini berdasar pada data yang diperolah dari penelitian serta pembahasan model CERDAS. Mengacu dari hasil data yang diperolah pada penelitian rata-rata nilai siswa sebelum perlakuan sebesar 52,33 setelah perlakuan rata-rata siswa sebesar 81. Hal ini berarti adan kenaikan rata-rata hasil belajar siswa. Pada uji N-gain diperoleh nilai 0,59 sehingga effect size pembelajaran dikategorikan sedang. Dari kedua komponen tersebut adanya kenaikan rata-rata dan kategori effect size pembelajran sedang dapat disimpulkan bahwa model CERDAS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP N 3 Muntilan.
Kata kunci: Model Pembelajaran, CERDAS, Nilai Kognitif


Ketersediaan
113-UN57.U1-SI-XII-2023IPA RIF P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA RIF P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVI;118HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik