Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL CERDAS (Cermin Diri, Ekspose Konsep, Rumuskan Keingintahuan, Dalami Konsep, Akui Bakat, Simpul Ingatan) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP N 3 MUNTILAN
ABSTRAK
Menurut studi diawal yang dilakukan di SMP N 3 Muntilan memelihatkan bahwa guru IPA ters ebut dalam proses pembelajaran masih menerapka model konvensional dengan adanya metode ceramah saat pembelajaran. Pada bagian komunikasi siswa terlihat kurang aktif, karena pembelajaran cenderung membosankan dan tidak menarik untuk bertanya. Siswa masih ragu-ragu saat mengkomunikasikan hasil diskusi. Interaksi bersifat personal sehingga kesimpulan yang diambil tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil belajar kognitif siswa SMP N 3 Muntilan rendah dengan dibuktiak dari hasil PAS (penilaian akhir semester) menunjukkan mean dari nilai mata pelajaran IPA yang dicapai tidak memenuhi KKM yaitu 60 sedangkan KKM adalah 70.
Fokus pada penelitian ini adalah pada siswa kelas 7 pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia. Menggunakan kegemanaran atau potensi yang dimiliki siswa sebagai acuannya.Model yang digunakan adalah model yang menyesuaikan dengan bakat dan kemampuan siswa yaitu model CERDAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model CERDAS berpengaruh pada nilai hasil belajar kognitif siswa SMP N 3 Muntilan.
Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitaif. Jenis penelitian menggunakan quasi exsperiment. Metode yang sesuai untuk penelitian ini yaitu metode penelitian desain kuasi eksperimen. Desain kuasi eksperimen menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum mendapat perlakuan, kelas eksperimen dan kelas kontrol terlebih dahulu dilakukan pretest untuk mengetahui sample yang digunakan bersifat homogen.
Model CERDAS mengarahkan siswa untuk mengamati lingkungan disekitar. Kemudian menuliskan hal yang ingin diketahui lebih lanjut berupa pertanyaan-pertanyaan. Untuk menggali pengetahuan lebih lanjut siswa diminta untuk mencari diberbagai sumber. Data yang diperoleh lalu dievaluasi dan dipresentasikan. Pembelajaran yang dilakukan menuntut siswa untuk bertindak aktif sehingga mampu meningkatkan pengetahuan siswa dan nilai kognitif siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini berdasar pada data yang diperolah dari penelitian serta pembahasan model CERDAS. Mengacu dari hasil data yang diperolah pada penelitian rata-rata nilai siswa sebelum perlakuan sebesar 52,33 setelah perlakuan rata-rata siswa sebesar 81. Hal ini berarti adan kenaikan rata-rata hasil belajar siswa. Pada uji N-gain diperoleh nilai 0,59 sehingga effect size pembelajaran dikategorikan sedang. Dari kedua komponen tersebut adanya kenaikan rata-rata dan kategori effect size pembelajran sedang dapat disimpulkan bahwa model CERDAS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP N 3 Muntilan.
Kata kunci: Model Pembelajaran, CERDAS, Nilai Kognitif
113-UN57.U1-SI-XII-2023 | IPA RIF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain