Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X MAN KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Nuryani, Tri. 2023. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Perumbahan Lingkungan Kelas X MAN Kota Magelang”. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Serafica Btari Christiyani. K, M.Sc.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Project Based Learning, Pemahaman Konsep, Perubahan Lingkungan, Pengembangan 4D
Penelitian ini diletarbelakangi oleh belum adanya Lembar Kerja Peserta Didik materi perubahan lingkungan sesuai Kurukulum Merdeka dalam pembelajaran di MAN Kota Magelang, kurangnya aktivitas yang berpusat pada peserta didik, pemahaman konsep yang belum optimal terutama pada materi perubahan lingkungan, dan keleluasaan pada peserta didik untuk bereksplorasi yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Project Based Learning pada materi perumbahan lingkungan kelas X MAN Kota Magelang, menguji kelayakan LKPD, dan kualitas LKPD dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan sampai pada tahap develop (pengembangan). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: 1) Define (Pendefinisian), yaitu menganalisis kurikulum, peserta didik, materi, proses pembelajaran dan perumusan tujuan pembelajaran, 2) Design (Perencanaan), yaitu memilih media yang digunakan untuk merancang LKPD, memilih format, dan merancang awal LKPD, dan 3) Development (Pengembangan), yaitu mengembangkan LKPD serta melakukan uji validasi terhadap ahli bahan ajar dan ahli materi yang kemudian diujicobakan secara terbatas melalui pengambilan data respons guru dan respons peserta didik. Intrumem penelitian dan teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan hasil wawancara dan observasi, hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta hasil respons guru dan respons peserta didik. Tenik analisis data hasil validasi dan hasil respons menggunakan skala likert dengan skala 1-4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berdasarkan validasi ahli materi diperoleh persentase 92,04% dengan kriteria sangat layak. Sementara itu, hasil validasi ahli media disertai LKPD termasuk kategori layak dengan memperoleh persentase sebesar 79%. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis Project Based Learning layak digunakan sebagai sumber belajar pada materi perubahan lingkungan.
Hasil respons guru diperoleh persentase 80,3% dengan kategori sangat baik. Lalu hasil respons peserta didik menunjukan sangat baik dengan persentase 80,7%. Berdasarkan hasil respons guru dan peserta didik kualitas LKPD yang dikembangkan berkualitas sangat baik untuk pemahaman konsep peserta didik.
1-UN57.U1-SPB-II-2024 | BIOLOGI NUR P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain