Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM RESPIRASI (SiRasi) BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI
ABSTRAK
Zunaena, Meifiqih 2024. “Pengembangan Aplikasi Sistem Respirasi (SiRasi) Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMA/MA Kelas XI” Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, S.Pd.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Pembelajaran, Motivasi Belajar, ISpring Suite 10, Sistem Respirasi
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di MAN 1 Kota Magelang, didapatkan permasalahan peserta didik menggunakan ponsel saat pembelajaran namun penggunaan ponsel tersebut kurang difungsikan dengan baik terkait pembelajaran, selain itu guru masih belum menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran biologi. Peserta didik dan guru belum memiliki dan menggunakan media pembelajaran karena kurangnya inovasi dalam proses pembelajaran, belum adanya media pembelajaran yang digunakan oleh guru, kurangnya pemahaman guru mengenai teknologi sebagai pemanfaatan variasi media pembelajaran serta kurangnya motivasi peserta didik saat pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran SiRasi berbasis proyek pada materi respirasi peserta didik SMA/MA kelas XI menurut ahli media dan ahli materi, mengetahui hasil tingkat kepraktisan pengembangan media pembelajaran SiRasi berbasis proyek pada materi respirasi peserta didik SMA/MA kelas XI menurut guru dan peserta didik, serta mengetahui efekifitas penggunaan media SiRasi terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XII MAN 1 Kota Magelang. Metode penelitian pengembangan yang digunakan yaitu Borg and Gall (1983) melalui enam tahap penelitian pengembangan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, dan ujicoba pemakaian. Penelitian ini berlokasi di MAN 1 Kota Magelang, dengan menggunakan guru biologi sebagai uji respon kepraktisan dan kelas XII IPA 1 sebagai uji respon kepraktisan dan uji tingkat motivasi belajar peserta didik.
Media SiRasi berbasis proyek pada materi sistem respirasi sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran biologi dengan hasil penilaian dari ahli materi sebesar 84,57% dan dari ahli media sebesar 96,75% dengan kategori sangat layak. Media SiRasi berbasis proyek pada materi sistem respirasi sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran biologi dengan hasil penilaian dari guru biologi sebesar 81,5% dan dari respon peserta didik sebesar 84,2% dengan kategori sangat praktis. Media SiRasi berbasis proyek pada materi sistem respirasi efektif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan analisis nilai N-Gain menunjukkan hasil 0,7170 yang dapat dikategorikan tinggi.
2-UN57.U1-SPB-II-2024 | BIOLOGI ZUN P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain