Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-ATLAS PENCEMARAN LINGKUNGAN DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING
ABSTRAK
Ma’un, Hikmah Al. 2023. “Pengembangan E-Atlas Pencemaran Lingkungan di Indonesia Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Problem Based Learning”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd. Pembimbing II Ika Sukmawati, S.P.d., M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan E-Atlas, Sumber belajar, Pencemaran Lingkungan , Sikap Peduli Lingkungan Siswa, Problem Based Learning.
Sumber belajar menjadi hal penting dalam proses kegiatan belajar mengajar, dimana pengembangan sumber belajar tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Sehingga perlu dikembangkan E-Atlas melaui Problem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-Atlas pada materi pencemaran lingkungan dan menganalisis keefektifannya terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang didalamnya terdapat penelitian pre experiment. Penelitian pengembangan ini telah dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan, namun, tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Tahapan yang dilakukan antara lain: 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), dan 3) pengembangan (develop) dimana pada tahap ini dilakukan pengembangan E-Atlas pada materi pencemaran lingkungan dan melakukan validasi media dan materi yang dilakukan oleh ahli serta melakukan uji coba dengan pre experiment kepada siswa kelas X 6 SMA N 1 Weru.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil validasi ahli media mendapatkan persentase validitas 87,5% dengan kriteria sangat layak. (2) Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase validitas 100% dengan kriteria sangat layak. (3) Hasil uji N-Gain pada tahap uji coba menunjukkan peningkatan dengan nilai 0,33 berkategori sedang. Oleh karena itu, E-Atlas pencemaran lingkungan dinyatakan valid berdasarkan penilaian kevalidan oleh ahli media sebesar 87,5% (kategori sangat layak) dan ahli materi sebesar 100% (kategori sangat layak). E-Atlas pencemaran lingkungan juga efektif untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa karena memiliki rerata N-Gain dengan nilai signifikansi sebesar 0,33 yang artinya setelah siswa menggunakan E-Atlas pencemaran lingkungan yang dikembangkan, sikap peduli lingkungan siswa mengalami kenaikan dengan kategori sedang.
86-UN57.U1-SPB-XII-2023 | BIOLOGI MAU P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain