Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SEL DAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA NEGERI 1 SALAMAN
ABSTRAK
Affa, Nafis Ayyada. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Terhadap Penguasaan Konsep Sel dan Kemampuan Argumentasi Siswa SMA Negeri 1 Salaman”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI), Materi Sel, Pengusaan Konsep, Kemampuan Argumentasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara di SMA Negeri 1 Salaman terkait kemampuan siswa dalam mengomunikasikan materi masih kurang aktif dan belum sesuai dengan kemampuan berargumentasi ilmiah. Salah satu solusi atas permasalahan tersebut ialah dengan penerapan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran ADI terhadap penguasaan konsep sel dan kemampuan argumentasi siswa SMA Negeri 1 Salaman. Metode penelitian mengunakan quasi-experiment dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa fase F1 SMA Negeri 1 Salaman. Sampel penelitian diambil dari populasi yang terdiri dari dua fase F1 yaitu, fase F1.1 sebagai kelas eksperimen dan fase F1.2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan soal pretest-posttest penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda dan kemampuan argumentasi berbentuk essai yang dilengkapi indikator argumentasi Toulmin, di antaranya claim, data, backing, dan warrant, kepada siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji ANCOVA pada data penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penerapan model pembelajaran ADI terhadap penguasaan konsep sel antara fase F1.1 dan F1.2, dengan Uji ANCOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,002 (sig. < 0,05). Selain itu, pengaruh model pembelajaran ADI terhadap kemampuan argumentasi siswa menggunakan Uji ANCOVA juga menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan nilai 0,000 (sig. < 0,05). Simpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran ADI terhadap penguasaan konsep sel dan kemampuan argumentasi siswa. Saran pada penelitian ini, model pembelajaran ADI sebaiknya diterapkan dengan manajemen waktu yang baik agar sintaks terlaksana dengan maksimal, penjelasan indikator argumentasi Toulmin perlu dijelaskan lebih detail, observasi keterlaksanaan sintaks sebaiknya diamati pada kedua kelas, dan penerapan model pembelajaran ADI perlu sering diterapkan guna mengembangkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa.
89-UN57.U1-SPB-XII-2023 | BIOLOGI AFF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain