Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA FASE E SMA NEGERI 5 MAGELANG
ABSTRAK
Mutmainah. 2023. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Virus Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Fase E SMA Negeri 5 Magelang”. Skripsi Program studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata kunci: LKS, Model 4-D, PBL, Keterampilan Berpikir Kritis, Virus
Keterampilan berpikir kritis memiliki peran penting dalam kehidupan, karena menjadi salah satu faktor penting dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran biologi merupakan pembelajaran yang berkaitan erat dengan permasalahan yang ditemui di kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam mempelajari materi biologi siswa diharuskan memiliki keterampilan berpikir kritis agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 5 Magelang masih tergolong rendah. Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, belum adanya penggunaan LKS yang berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dapat mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis siswa dan LKS yang digunakan masih cenderung sederhana sehingga kurang menarik perhatian siswa.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui kelayakan produk LKS sesuai dengan penilaian para ahli dan keefektifan penggunaan LKS dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dissemination). Penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan (Develop). Penelitian ini di uji cobakan menggunakan quasi eksperimen model non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas X/ Fase E di SMA Negeri 5 Magelang. Sampel yang digunakan yakni kelas XE-5 sebagai kelas kontrol dan Kelas XE-6 Sebagai kelas ekperimen yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan produk LKS berbasis PBL, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional (ceramah). Pengumpulan data dilakukan menggunakan model wawancara, angket validasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produl LKS layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil uji validitas ahli materi sebesar 88,63% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil uji validitas ahli media sebesar 74,16% dengan kategori “Layak”. Hasil analisis data pada tahap uji coba menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa. Hasil tersebut didasarkan pada analisis uji hipotesis menggunakan uji Mann-Withney U Test dengan memanfaatkan program SPSS Statistic 25. Hasil uji Mann-Withney U Test yang diperoleh sig. sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak. Kemudian hasil uji gain menunjukkan rata-rata nilai N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,66 dan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,48. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis PBL yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan efektif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.
91-UN57.U1-SPB-XII-2023 | BIOLOGI MUT P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain