Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN MUATAN LITERASI SAINS UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN
ABSTRAK
Agustina, Setya. 2023. “Pengembangan Buku Panduan Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Muatan Literasi Sains untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Weni Anggraini, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan, Buku Panduan, Praktikum, Biologi, Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains
Perkembangan pendidikan di Indonesia menjadikan kurikulum turut mengalami perubahan. Kurikulum yang berlaku dalam pendidikan di Indonesia saat ini adalah kurikulum merdeka. Salah satu materi Biologi yang terkait dengan pembelajaran praktikum juga turut mengalami perubahan. Pengembangan bahan ajar pendukung kegiatan praktikum ini dilakukan dengan mengembangkan buku panduan praktikum biologi yang berbasis inkuiri terbimbing dengan muatan literasi sains. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar, belum terdapat bahan ajar yang khusus menyajikan terkait kegiatan praktikum secara terperinci. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan buku panduan praktikum biologi dan mengetahui kepraktisan buku panduan praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing dengan muatan literasi sains yang dikembangkan berdasarkan aspek materi dan media.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan selanjutnya dimodifikasi menjadi 3-D. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis kelayakan buku adalah lembar angket yang mencakup aspek validasi ahli materi dan media serta angket tanggapan guru dan juga siswa.
Hasil penelitian ini dikembangkan dengan analisis data dan analisis deskriptif persentase melalui beberapa langkah-langkah pengembangan pada tahap-tahap: pendefinisian, perancangan buku panduan praktikum, validasi buku panduan praktikum, revisi I, uji coba terbatas, dan revisi II. Pada tahap validasi diperoleh hasil penilaian validator ahli materi terhadap buku panduan yang dikembangkan adalah 98,66% dengan kategori sangat baik dan ahli media sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba terbatas dengan dua guru biologi diperoleh rata-rata sebesar 93,52% dalam kategori sangat baik. Selain itu, untuk uji coba terbatas dengan siswa diperoleh rata-rata 84,53% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi dan uji coba terbatas dengan guru dan siswa buku panduan praktikum biologi yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pendukung kegiatan praktikum.
92-UN57.U1-SPB-XII-2023 | BIOLOGI AGU P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain