Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL FERA (FOCUS, EXPLORE, REFLECT, AND APPLY) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MAGELANG PADA SUB MATERI SISTEM SARAF DAN HORMON
ABSTRAK
Kristinah, Nina. (2023). “Pengaruh Model FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Magelang pada Sub Materi Sistem Saraf dan Hormon.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing II Dr.Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci : Model FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply), Media Video Pembelajaran, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif, Submateri Sistem Saraf dan Hormon.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam pembelajaran materi sistem koordinasi terutama sub materi sistem saraf dan hormon. Keterampilan metakognitif siswa belum maksimal, hasil belajar kognitif siswa masih di bawah KKM, model pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru dan penggunaan media pembelajaran belum maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) berbantuan media video pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe nonequivalent pre-test post-test control group desaign. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Magelang dengan subjek penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes, lembar observasi, silabus, dan RPP. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data pre-test dan post-test sub materi sistem saraf dan hormon. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji Ancova. Berdasarkan hasil penelitian, pada keterampilan metakognitif siswa diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 53,06 dibandingkan kelas kontrol sebesar 48,43 dan pada hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 81,66 dibandingkan kelas kontrol sebesar 75,17. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Ancova pada keterampilan metakognitif siswa diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan metakognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil belajar kognitif siswa berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Ancova diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,002 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan metakognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) berbantuan media video pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif siswa dan hasil belajar kognitif siswa.
95-UN57.U1-SPB-XII-2023 | BIOLOGI KRI P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain