Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Ramadani, Tarisa Putri. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Pada Materi Ekosistem Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Problem Based Learning, E-Modul, Ekosistem, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Modul terhadap hasil kognitif dan motivasi belajar pada materi ekosistem di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Dengan menggunakan desain quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group, dimana kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan Ancova untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test motivasi belajar kelas eksperimen (81,57) mengungguli kelas kontrol (72,61), dengan perbedaan yang signifikan (p < 0,05). Demikian pula rata-rata post-test hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen (82,96) mengungguli kelas kontrol (72,52) dan menunjukkan signifikansi (p < 0,05). Oleh karena itu, penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan e-modul berpengaruh positif terhadap hasil kognitif maupun motivasi belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini juga menyarankan penilaian ulang fasilitas untuk meminimalkan tantangan yang tidak terduga ketikamenerapkan model PBL.
96-UN57.U1-SPB-XII-2023 | BIOLOGI RAM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain