Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Ramadani, Tarisa Putri. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Pada Materi Ekosistem Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelangâ€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Problem Based Learning, E-Modul, Ekosistem, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Modul terhadap hasil kognitif dan motivasi belajar pada materi ekosistem di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Dengan menggunakan desain quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group, dimana kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan Ancova untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test motivasi belajar kelas eksperimen (81,57) mengungguli kelas kontrol (72,61), dengan perbedaan yang signifikan (p < 0,05). Demikian pula rata-rata post-test hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen (82,96) mengungguli kelas kontrol (72,52) dan menunjukkan signifikansi (p < 0,05). Oleh karena itu, penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan e-modul berpengaruh positif terhadap hasil kognitif maupun motivasi belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini juga menyarankan penilaian ulang fasilitas untuk meminimalkan tantangan yang tidak terduga ketikamenerapkan model PBL.
Tidak tersedia versi lain