PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG

TARISA PUTRI RAMADANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Ramadani, Tarisa Putri. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Pada Materi Ekosistem Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Problem Based Learning, E-Modul, Ekosistem, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Modul terhadap hasil kognitif dan motivasi belajar pada materi ekosistem di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Dengan menggunakan desain quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group, dimana kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan Ancova untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test motivasi belajar kelas eksperimen (81,57) mengungguli kelas kontrol (72,61), dengan perbedaan yang signifikan (p < 0,05). Demikian pula rata-rata post-test hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen (82,96) mengungguli kelas kontrol (72,52) dan menunjukkan signifikansi (p < 0,05). Oleh karena itu, penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan e-modul berpengaruh positif terhadap hasil kognitif maupun motivasi belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini juga menyarankan penilaian ulang fasilitas untuk meminimalkan tantangan yang tidak terduga ketikamenerapkan model PBL.


Ketersediaan
96-UN57.U1-SPB-XII-2023BIOLOGI RAM P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI RAM P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;168HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik