Text
SKRIPSI STRATEGI REBRANDING UNIVERSITAS TIDAR DARI PERGURUAN TINGGI SWASTA (PTS) MENJADI PERGURUAN TINGGI NEGERI (PTN)
ABSTRAK
Perpindahan Universitas Tidar dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan perlu diperlukan strategi rebranding. Diperlukannya strategi rebranding karena diketahui Universitas Tidar yang berada di Magelang dan sangat berbeda dari kebanyakan kota tujuan pendidikan seperti Semarang dan Yogyakarta yang sudah memiliki PTN ternama. Peneliti bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi rebranding yang dilakukan Universitas Tidar. Peneliti menggunakan pendekatan teori rebranding yang dikemukakan oleh Muzellec dan Lambkin terdiri dari empat tahapan: repositioning, renaming, redesigning dan relaunching. Metode penelitian yang digunakan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan narasumber atau informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapat tiga informan yang berperan dalam proses rebranding Universitas Tidar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan teknik analisis Miles dan Huberman. Analisis data dalam penelitian ini yaitu deskripsi analisis yang merupakan penjelasan dari data-data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi maupun observasi. Hasil penelitian yang didapatkan terkait dengan rebranding, bermaksud agar masyarakat menandai perubahan dalam status PTS menjadi PTN. Strategi komunikasi berupa publikasi atau relaunching yang dilakukan oleh Universitas Tidar terdapat strategi repositioning, renaming, redesigning dan relaunching. Strategi komunikasi yang dilakukan Universitas Tidar membantu proses rebranding untuk menaikkan citra Universitas Negeri ditinjau dari peminat calon mahasiswa baru, keragaman demografis latar belakang mahasiswa, hingga predikat Perguruan Tinggi pilihan utama di Karesidenan Kedu dan utamanya di Magelang. Melalui strategi rebranding menurut Muzellec dan Lambkin menghasilkan citra baru yaitu Status PTN pada Universitas Tidar.
Kata kunci: Rebranding, Strategi Komunikasi, Citra Perguruan Tinggi
2-UN57.U1-SIK-I-2024 | KOMUNIKASI NUG S 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain