Text
SKRIPSI RESEPSI KHALAYAK TERHADAP STEREOTIPISASI WIBU PADA CHANNEL YOUTUBE “MAY I SEE”
ABSTRAK
(Fadli Kiswara, 2024)
RESEPSI KHALAYAK TERHADAP STEREOTIPISASI WIBU PADA CHANNEL YOUTUBE “MAY I SEE”
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Wibu merupakan sebutan penggemar orang di luar negara Jepang yang sangat menyukai budaya populer Jepang. Wibu sendiri menjadi sebutan yang dilekatkan pada atribut-atribut negatif sebagai penggemar budaya pop. Sebutan ini tidak lepas dari peran internet dan media yang merepresentasikan wibu. Youtube merupakan sebuah media baru dimana informasi berupa video dibuat oleh kreator-kreator yang disebut youtuber. “May I See” muncul sebagai konten kreator di youtube dengan kontennya berupa video-video sketsa humor. Wibu merupakan tema yang sering muncul dalam video youtube “May I See”. Youtube merupakan media yang interaktif dimana khalayak tidak bersifat pasif dalam memaknai pesan, namun khalayak ikut berperan memaknai pesan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana resepsi khalayak terhadap stereotipisasi wibu pada channel youtube “May I See”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis resepsi khalayak. Dari hasil encoding ditemukan makna dominan yaitu stereotip wibu sebagai penyakit menular dan eksklusi wibu. Hasil dari penelitian ini terdapat 3 informan berada pada posisi dominan 1 informan posisi negosiasi dan 1 informan di posisi oposisi. Khalayak pada posisi dominan setuju dengan stereotipisasi wibu oleh media karena kurangnya interaksi dengan wibu. Khalayak pada posisi negosiasi setuju dengan stereotipisasi wibu oleh media namun memiliki pengecualian karena terjadi interaksi intens saat situasi tertentu. Khalayak pada posisi oposisi tidak setuju dengan stereotipisasi wibu oleh media karena adanya hubungan yang dekat dimana terjadi interaksi yang intens.
Kata Kunci: Analisis Resepsi Khalayak, Stereotipisasi, Wibu, Youtube, “May I See”
5-UN57.U1-SIK-II-2024 | KOMUNIKASI KIS R 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain