Text
SKRIPSI FORMULA MATERI AJAR MEMBACA TEKS SENI TARI DAERAH TEMANGGUNG BIPA LEVEL 3 DENGAN MENGGUNAKAN E-BOOK
ABSTRAK
Riyati, Siwi. 2024. “Formula Materi Ajar Membaca Teks Seni Tari Daerah Temanggung BIPA level 3 dengan menggunakan e- book”. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd., Pembimbing II Rangga Asmara, S.Pd., M.Pd.
Tujuan penelitian ini ialah memformula materi ajar membaca teks seni tari daerah Temanggung BIPA level 3 dengan menggunakan e-book. Wujud data penelitian ini ialah konstruk isi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kurikulum Pelatihan BIPA serta kisi-kisi materi ajar membaca BIPA level 3. Sumber data penelitian ini ialah Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kurikulum Pelatihan BIPA dan teks seni tari daerah Temanggung. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kurikulum Pelatihan BIPA menjadi konstruk. Selanjutnya, kosntruk disusun menjadi kisi-kisi, dan dihubungkan dengan teks seni tari daerah Temanggung dan disusun menjadi materi ajar. Materi ajar dilakukan teknik triangulasi yakni dinyatakan absah oleh guru atau pegiat BIPA. Materi ajar ini disusun terdiri lima unit yang berisi teks deskripsi tari masal putra, tari kerikan/ksatria, tari idakep putri, tari topeng loreng, dan gamelan. Materi ajar yang disusun selanjutnya diuji keabsahannya oleh guru atau praktisi BIPA. Setelah dinyatakan layak untuk digunakan, selanjutnya materi ajar diujicobakan kepada dua pelajar BIPA level 3. Percobaan materi ajar mendapatkan hasil bahwa kedua pelajar dapat membaca teks deskripsi dengan baik dan menjawab pertanyaan yang disediakan dengan benar.
Kata kunci: BIPA level 3, e-book, materi ajar membaca, Standar Kompetensi Lulusan, teks seni tari Daerah Temanggung.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain