Text
SKRIPSI TEKNIK PERSUASI WACANA IKLAN KECANTIKAN DI INSTAGRAM DAN IMPLEMENTASINYA PADA MATERI TEKS IKLAN KELAS VIII smp
ABSTRAK
Al Fikriyah, Naora. 2024 “Teknik Persuasif Wacana Iklan Kecantikan di Instagram dan Implementasinya pada Materi Teks Iklan Kelas VIII SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing 1 Irsyadi Shalima, S.S., M.A., Pembimbing II Dr. Linda Eka Pradita, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh iklan yang menjadi alat komunikasi untuk memotivasi seorang konsumen agar tertarik dan membeli produk. Salah satu cara agar konsumen tertarik dengan produk tersebut harus menggunakan cara pemasaran yang baik. Cara tersebut dapat diterapkan pada keterangan iklan atau caption. Keterangan iklan harusnya memerhatikan struktur dan teknik yang mengandung persuasi agar dapat menarik perhatian calon konsumen dengan membangkitkan minat konsumen dan mendorong untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apa sajakah struktur wacana iklan kecantikan di Instagram dan apa sajakah teknik persuasi wacana iklan kecantikan di Instagram. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskriprisikan struktur dan teknik persuasi wacana iklan kecantikan yang terdapat di Instagram. Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini berfokus pada struktur dan teknik persuasi wacana iklan kecantikan. Sumber data penelitian ini adalah iklan kecantikan yang terdapat pada Instagram produk Wardahbeauty, scarlett_whitening, dan Officialhanasui. Data pada penelitian ini berupa wacana maupun kalimat yang mengandung struktur atau teknik persuasi yang terdapat pada Instagram. Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dan teknik penyediaan yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa struktur wacana iklan kecantikan yang ada di Instagram terdapat tiga bagian yaitu butir utama, badan iklan, dan penutup yang masing-masing bagian memiliki proporsi tertentu. Pada bagian butir utama peneliti menemukan proporsi yang menekankan keuntungan calon konsumen, proporsi yang membangkitkan rasa ingin tahu pada para calon konsumen, proporsi yang berupa pertanyaan menuntut perhatian lebih, proporsi yang memberi komando atau perintah, dan proporsi yang menarik perhatian konsumen khusus. Pada bagian badan iklan terdapat proporsi alasan objektif, proporsi alasan subjektif, dan proporsi campuran alasan objektif dan subjektif. Pada penutup iklan terdapat dua pengembangan yakni pengembangan dengan teknik lunak, dan pengembangan dengan teknik keras. Teknik persuasi wacana iklan kecantikan di Instagram yang ditemukan adalah teknik identifikasi, teknik rasionalisasi, teknik sugesti, dan teknik kompensasi pada produk Wardahbeauty, Scarlett_whitening, dan Officialhanasui
Kata kunci : bahasa persuasif, iklan kecantikan, instagram
15-UN57.U1-SIN-VI-2024 | INDONESIA FIK T 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain