Text
SKRIPSI LANSKAP LINGUISTIK PADA IKLAN DI KABUPATEN MAGELANG DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MODUL AJAR TEKS IKLAN DI smp
ABSTRAK
Cahya, Annisa Nurul. 2024. “Lanskap Linguistik pada Iklan di Kabupaten Magelang dan Implementasinya sebagai Modul Ajar Teks Iklan di SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mursia Ekawati, M.Hum., Pembimbing II Rangga Asmara, M.Pd.
Lanskap linguistik merupakan salah satu kajian linguistik yang menelaah penggunaan bahasa di ruang publik (Gorter, 2006). Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena penggunaan bahasa pada iklan di ruang publik Kabupaten Magelang. Penelitian ini berfokus pada iklan karena banyak iklan di ruang publik ditulis membentuk variasi pilihan bahasa dan terdapat fungsi lanskap linguistik. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan variasi pilihan bahasa pada iklan di Kabupaten Magelang, dan (2) mendeskripsikan fungsi lanskap linguistik pada iklan di Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Data penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kalimat, atau wacana pada iklan di Kabupaten Magelang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP), metode agih, dan metode padan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan di Kabupaten Magelang memiliki variasi pilihan bahasa (1) monolingualisme yaitu kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, (2) bilingualisme, penggabungan kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, serta bahasa Jawa dan bahasa Inggris, terdapat juga (3) multilingualisme penggabungan kode bahasa Indonesia bahasa Inggris, dan bahasa Jawa. Selain itu, lanskap linguistik pada iklan juga memiliki fungsi (1) informasional berupa imbauan dan penunjuk arah, serta (2) simbolis berupa relasi kebudayaan, relasi politik, relasi agama, dan relasi pendidikan. Hasil penelitian ini diimplementasikan dalam bentuk modul ajar pada materi teks iklan kelas VIII SMP elemen menyimak dan berbicara (mempresentasikan).
Kata kunci: iklan, Kabupaten Magelang, lanskap linguistik, pilihan bahasa
13-UN57.U1-SIN-V-2024 | INDONESIA CAH L 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain