Text
SKRIPSI MAKNA PUISI “SAJAK ANAK MUDA” KARYA W.S. RENDRA: KAJIAN SEMIOTIKA DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN PUISI DI sma
ABSTRAK
Rafiqa, Nila. 2024. Makna Puisi “Sajak Anak Muda” Karya W.S. Rendra: Kajian Semiotika dan Implementasinya pada Pembelajaran Puisi Di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Muhammad Daniel Fahmi Rizal, S.S., M.Hum. Muhammad Nur Hanif, S.S., M.A.
Kata Kunci: makna, puisi, implementasi
Latar belakang penelitian ini adalah penyampaian informasi dalam karya sastra puisi yang seringkali tidak tersampaikan dengan baik kepada pembacanya, sebab makna kata di dalamnya yang dianggap sulit untuk dipahami. Untuk memahami isi dari puisi pembaca diperlukan pendalaman lebih untuk mengetahui keseluruhannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menganalisis makna kata demi kata.
Penelitian ini berfokus pada analisis makna puisi “Sajak Anak Muda” karya
W.S. Rendra berdasarkan kajian semiotika Pierce melalui ikon, indeks, dan simbol, serta upaya pada implementasi hasil penelitian dalam pembelajaran puisi sebagai bahan ajar handout untuk siswa kelas X SMA. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menguraikan proses semiosis pada representamen, objek, dan interpretan dalam puisi
“Sajak Anak Muda” Karya W.S. Rendra. 2) Menguraikan makna dalam puisi “Sajak Anak Muda” Karya W.S. Rendra yang diuraikan melalui ikon, indeks, dan simbol.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan teknik catat. Teknik baca melibatkan pengamatan langsung terhadap objek penelitian tanpa campur tangan sedangkan teknik catat digunakan untuk mencatat dan mendokumentasikan informasi yang diamati selama proses penelitian berlangsung.
Hasil penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat dalam puisi “Sajak Anak Muda” karya W.S. Rendra, berupa ikon, indeks, maupun simbol. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat 51 data berupa ikon, 28 data berupa indeks, dan 56 data berupa simbol. Data-data ini ditemukan berdasarkan hubungannya dengan proses semiosis yang melibatkan suatu tindakan, pengaruh, atau kerjasama dari tiga unsur utama yakni, representamen (tanda), object (objek) dan interpretant (penggunaan tanda).
Simpulan penelitian ini mendeskripsikan makna puisi "Sajak Anak Muda" karya W.S. Rendra secara utuh dan menyeluruh, yakni puisi ini mengandung sebuah kritik mendalam terhadap generasi yang mengalami keterbatasan pemahaman dalam menghadapi tantangan di lingkungannya. Generasi ini mengalami kekurangan pendidikan formal terutama dalam hal pemahaman dan pengetahuan terkait dengan hukum, keadilan, dan politik. Fokus pada hal-hal fisik telah menjadikan generasi ini
7-UN57.U1-SIN-III-2024 | INDONESIA RAF M 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain