Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA MAGELANG DALAM MENINGKATKAN PERFORMA INVESTASI DI KOTA magelang
ABSTRAK
Investasi menjadi salah satu faktor yang dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan di suatu daerah. Daerah dengan iklim investasi yang baik dapat menunjukkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan yang baik pula. Kota Magelang sebagai salah satu daerah yang memiliki iklim investasi yang baik, hal tersebut tentunya tidak lepas atas peran Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang selaku instansi yang bertanggung jawab atas penanaman modal di Kota Magelang. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang dalam meningkatkan performa investasi di Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan model komunikasi SMCR benurut David K Berlo. Hasil dari penelitian menunjukkan strategi komunikasi meliputi tahap perencanaan hingga evaluasi. Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang menerapkan strategi psikodinamika dengan penggunaan narasumber yang kredibel dan melaksanakan kunjungan lapangan untuk memperkuat tujuan komunikasi. Strategi sosiokultural diterapkan melalui penggunaan bahasa lokal dalam mempersuasi. Strategi komunikasi dilakukan oleh narasumber dengan melibatkan pihak lain untuk mempersuasi investor, pesan persuasif berupa informasi peluang investasi disampaikan secara langsung dan penggunaan media cetak, media sosial dan media elektronik.
Kata Kunci : Investasi, Strategi Komunikasi Persuasif, DPMPTSP Kota Magelang, Model smcr
194-UN57.U1-SIK-XII-2023 | KOMUNIKASI REY S 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain