Text
SKRIPSI ANALISIS RESPON AUDIENS TERHADAP KONTEN GIMMICK BODII #BHGEDEBIKINMACET DI instagram
ABSTRAK
Respon audiens menjadi salah satu poin penting dalam mengukur keberhasilan dari komunikasi yang dibangun oleh perusahaan. Respon dari audiens memiliki peran dalam perkembangan akan suatu brand, terutama bagi brand baru yang ingin memperkenalkan produknya. BODII merupakan sebuah brand lokal pakaian dalam wanita yang menggunakan gimmick bertagar #BHGEDEBIKINMACET sebagai strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon dari audiens mengenai konten gimmick #BHGEDEBIKINMACET dari brand BODII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Informan penelitian ini merupakan audiens yang mengonsumsi konten gimmick dari BODII melalui Instagram Cindercella dan Titan Tyra. Hasil dari penelitian ini adalah respon yang didapat didapat dari konten gimmick #bhgedebikinmacet menghadirkan awareness yaitu pada respon kognitif serta keterlibatan emosi yaitu pada respon afektif. Respon yang muncul tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai faktor dari para penerima pesan atau organism, seperti adanya faktor budaya, faktor personal, faktor fungsional, dan perhatian selektif terhadap konten gimmick tersebut. Respon lain yang muncul, yaitu respon konatif didapatkan dari adanya stimulus-stimulus baru atau lainnya yang diterima oleh khalayak, seperti konten yang berkaitan dengan pengenalan produk BODII pada akun @bodii.id. Untuk itu, perlu adanya terpaan stimulus-stimulus baru untuk mendapatkan respon pada khalayak sesuai dengan keinginan atau target dari komunikator.
Kata Kunci: Respon Audiens, Konten Gimmick, #BHGEDEBIKINMACET, Instagram, Teori sor
202-UN57.U1-SIK-XII-2023 | KOMUNIKASI FIO A 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain