Text
SKRIPSI PENGARUH LEVERAGE, FIRM SIZE, AUDITOR REPUTATION, DAN UNDERWRITER REPUTATION TERHADAP UNDERPRICING SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE2019–2022)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh leverage, firm size, auditor reputation, dan underwriter reputation terhadap underpricing saham pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Variabel dependen yang digunakan pada penelitian ini yaitu underpricing saham yang diukur dengan initial return (IR). Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini yaitu leverage yang diukur dengan Debt Equity Ratio (DER), firm size yang diukur dengan logaritma natural total aset, auditor reputation yang diukur dengan KAP bigfour, dan underwriter reputationyang diukur dengan top 10 dalam most active brokerage in total frequency. Teoriyang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori sinyal. Teori ini menekankan pada pentingnya informasi yang disampaikan oleh perusahaan kepada pihak eksternal dalam proses pengambilan keputusan investasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan data yang diperoleh dari laporan prospektus perusahaan sebelum melakukan Initial Public Offering (IPO). Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 178 perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa leverage dan firm size tidak berpengaruh terhadap underpricing saham. Auditor reputation dan underwriter reputation berpengaruh negatif terhadap underpricing saham.
Kata Kunci: Leverage, Firm Size, Auditor Reputation, Underwriter Reputation, underpricing
23-UN57.U1-SAK-VI-2024 | AHLI-AKUNTANSI RIF P 2024 | Ruang Skripsi (AHLI-AKUNTANSI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain